Jakarta (Metrobali.com)-

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas sedang hingga lebat yang dipicu dampak tidak langsung siklon tropis Rai, Kamis.

Berdasarkan pantauan BMKG sejak Rabu (15/12), masih terdapat siklon tropis Rai di Samudra Pasifik Timur Filipina dengan tekanan rendah 970 milibar dan Kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot.

Kondisi itu diprakirakan semakin menguat intensitasnya hingga Kamis dan bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

Dilansir melalui lamar www.bmkg.go.id, masyarakat di sejumlah wilayah diimbau untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari siklon tropis Rai terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Awan hujan diprediksi bergerak ke wilayah Sulawesi Tengah, bagian utara Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Masyarakat juga perlu waspada adanya potensi angin kencang di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat bagian utara, serta peningkatan ketinggian gelombang di berbagai wilayah perairan Indonesia seperti laut Sulawesi, laut Maluku, laut Halmahera, perairan utara Papua Barat hingga Papua serta Samudra Pasifik Utara, Halmahera hingga Papua.

Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera, sebagian wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian besar wilayah Kalimantan, sebagian besar wilayah Sulawesi, Papua Barat dan Papua.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang baik disertai kilat maupun petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku.

Sementara itu prakiraan cuaca hujan lebat disertai petir pada wilayah ibu kota di Indonesia di antaranya Bengkulu, Banjarmasin, Surabaya, Pangkal Pinang, Mataram, Palembang.

Baca Juga :
Memasuki Tahun Baru, Kendaraan Barang Dihimbau Tidak Beroperasi

Namun cuaca hujan berskala ringan dan sedang juga diprakirakan mengguyur beberapa kota seperti Medan, Padang, Manado, Makassar, Pekan Baru, Manokwari, Jayapura, Ternate, Tanjung Pinang, Samarinda, Palangkaraya Pontianak, Semarang, Bandung, Jambi, Jakarta, Yogyakarta, Serang dan Denpasar.

Cuaca cerah dan berawan diprakirakan berada di Banda Aceh, Gorontalo, Tarakan, Bandar Lampung, Ambon, Kupang, Mamuju dan Kendari.

Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 20 hingga 33 derajat celsius dengan tingkat kelembapan bervariatif antara 55 hingga 100 persen.

 

Sumber : Antaranews.com