Klungkung (Metrobali.com)-

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Enumerator Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2022 di Whyndam Taman Sari Jivva Resort Klungkung, Kamis (28/4).

Bupati Suwirta dalam arahannya mengatakan data itu penting, data itu mahal, tanpa data berbagai kebijakan dan program akan sulit ditetapkan. Karena data merupakan kerangka dasar dan pedoman, khususnya bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan dan program tepat sasaran. “Kalau kelemahan data akan susah mengambil keputusan. Jangan sampai pelatihan ini sampai di output saja. Pendataan ini sangat penting untuk data jumlah UMKM sehingga UMKM menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Mudah-mudahan data ini menjadi pedoman untuk kepentingan kita bersama. Ikuti pelatihan ini dengan baik,” harap Bupati Suwirta.

Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa menjelaskan Bimtek enumerator penggunaan aplikasi SIDT ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petugas enumerator tentang aplikasi SIDT KUMKM, sehingga memiliki kepercayaan diri untuk pendataan KUMKM di lapangan serta cara memanfaatkannya dalam proses pendataan KUMKM. “Pelatihan ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh 64 orang petugas enumerator yang kita bimbing terdiri dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Koperasi,” Ujar Ardiasa.

Turut hadir, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali, I Wayan Ekadina, Kepala BPS Kabupaten Klungkung, Ir. Ni Putu Minarmi dan para peserta Bimter Enumerator.

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Baca Juga :
Hasil mediasi di Dewan Pers, Livi Zheng akan buat hak jawab