Anggota Komisi VI DPR RI/Anggota Fraksi Golkar DPR RI Periode 2019-2024 Dapil Bali, Putu Supadma Rudana (PSR).

Jakarta (Metrobali.com)-

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Dapil Bali, Putu Supadma Rudana (PSR) dikenal sebagai salah satu wakil rakyat yang konsisten bekerja lurus dan tulus  serta super aktif untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Bali.

Anggota Komisi VI DPR RI Periode 2019-2024 ini juga tak lelah turun di tengah-tengah masyarakat di masa pandemi Covid-19 menggelontorkan berbagai bantuan hingga mendampingi pelaku UMKM agar bisa bertahan di masa pandemi.

Atas berbagai kiprahnya sebagai wakil rakyat atau anggota legislatif yang aktif memperjuangkan aspirasi masyarakat dan berkoalisi dengan rakyat, di bulan Maret 2021 ini Anggota Fraksi Demokrat DPR RI ini mendapat kado istimewa dari TeropongSenayan.Com berupa sebuah penghargaan “Teropong Parlemen Award (TPA) 2021”.

Ditanya soal penghargaan ini, Politisi muda Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar ini mengungkapkan sudah menjadi tugasnya sebagai wakil rakyat memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Saya jadi legislator karena dipilih rakyat secara langsung dan itu adalah amanah yang wajib saya jalankan dengan tanggungjawab dan sesuai konstitusi,” kata PSR saat dihubungi Kamis (18/3/2021).

Politisi muda Partai Demokrat kelahiran Denpasar 23 April 1974 itu  berhasil memenangkan TPA 2021 dalam kategori Tokoh Peduli Daerah. Portal TeropongSenayan.Com ini menilai sosok PSR merupakan salah satu anggota parlemen yang aktif dalam menyampaikan dan memperjuangkan hak-hak dan aspirasi masyarakat terutama di daerah pemilihannya yakni Bali.

PSR juga dinilai kerap memperjuangkan hak masyarakat daerah, salah satunya adalah dengan menyentuh ekonomi kreatif di tingkat terendah yakni melakukan pendampingan untuk rakyat kecil di desa-desa dan dilaksanakan dengan beberapa strategi yang dimilikinya.

Baca Juga :
Percepat Wujudkan Denpasar Menjadi KLA, DP2PAP2KB Kota Denpasar Koordinir Matangkan Tim Gugus Tugas

Dalam masa pandemi, PSR gencar menggelontorkan berbagai bantuan mulai dari alat kesehatan, sembako juga berbagai bantuan untuk mendukung kepulihan perekonomian UMKM.

“Saya bekerja tulus dan sesuai konstitusi, apa yang saya perjuangkan tidak hanya pada mitra kerja di komisi (Komisi X DPR, red) tapi pada sektor lainnya utamanya saat rakyat kesulitan di masa pandemi Covid-19, saya juga bantu,” ujar Supadma Rudana yang pernah bertugas di Komisi X DPR RI periode 2014-2019 bidang pendidikan, pariwisata, pemuda dan olahraga.

PSR juga gencar mendukung upaya peningkatan SDM, menyuarakan kepentingan daerah 3T Bali yaitu Nusa Penida, memperjuangkan peningkatan sarana prasarana pariwisata baik infrastruktur maupun suprastruktur juga mendorong peningkatan dukungan dan pendampingan UMKM yg menjadi sokoguru perekonomian nasional.

Sebagai Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen, PSR juga senantiasa menjembatani kerjasama di berbagai bidang antara Provinsi Bali dengan provinsi lainnya dan secara substansi dan berkesinambungan mendorong berbagai kerjasama ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

PSR selama ini juga sebagai duta parlemen dan corong diplomasi parlemen yang senantiasa mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia khususnya Bali sebagai magnet pariwisata Indonesia untuk dunia.

Wasekjen Demokrat ini juga gencar menggaungkan seni budaya dan kearifan lokal Bali sebagai sumbangsih dalam memberikan perspektif sekala niskala kepada dunia, menggaungkan Tri Hita Karana, subak serta kearifan lokal Bali lainnya, juga kerap dilakukan PSR.

Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, juga konsen dalam menggaungkan pariwisata ekonomi kreatif, infrastruktur darat laut dan udara serta pendidikan, peningkatan SDM dan peningkatan status perguruan tinggi di Bali. Serta memposisikan perguruan tinggi yang berbasis vokasi dan kearifan lokal Bali dan agama Hindu agar menjadi jati diri kepariwisataan Bali.

Baca Juga :
Sukses Menjadi Pilot Project Reformasi Birokrasi, Pemkot Denpasar Kembali Susun Roadmap Reformasi Berkelanjutan

“Ketika pandemi menyerang kita di Bali saya bersama kader Demokrat di Bali dan relawan PSR sudah berbuat membantu mulai dari alat-alat kesehatan, sembako dan mensupport pemulihan UMKM,” tutur PSR.

“Semua itu sejalan dengan instruksi Ketum Demokrat AHY agar seluruh kader Demokrat bersama-sama rakyat dan pemerintah melakukan upaya percepatan penanganan Covid-19,” sambung lulusan S2 Master of Bussiness Administration, Webster University of St. Louis, USA ini.

Dalam penghargaan “Teropong Parlemen Award (TPA) 2021” ini, ada 10 kategori yang disiapkan untuk para wakil rakyat yang sesuai dengan bidangnya. Salah satunya adalah kategori Tokoh Peduli Daerah.

Indikator dari kategori tersebut yakni diperuntukkan bagi tokoh yang memiliki kekuatan di daerah atau wakil rakyat yang berhasil menyerap dan menyampaikan aspirasi bagi masyarakat di daerahnya dan berhasil melaksanakannya dengan bentuk kebijakan-kebijakan di parlemen. Selain itu, juga mampu menyalurkan dan merealisasikan aspirasi rakyat dari daerah ke pusat. (wid)