Tabanan (Metrobali.com)-

Mahasiswa memiliki peran penting sebagai agen moderasi beragama dengan mensosialisasikannya di kalangan masyarakat agar tercipta kehidupan yang harmonis, damai dan rukun. Hal itu disampaikan Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, saat menghadiri pembukaan secara simbolis KKN Nusantara Terbatas Angkatan II UHN IGB Sugriwa Denpasar Tahun 2022, Senin, (27/6) di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan.

Bupati Tabanan yang juga berkesempatan memberikan kuliah umum kepada para peserta KKN mengatakan, moderasi beragama dapat terlihat melalui beberapa indikator, diantaranya : adanya komitmen kebangsaan yang kuat, sikap toleran terhadap sesama. memiliki prinsip menolak tindak kekerasan baik secara fisik maupun verbal serta menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat Indonesia yang beragam. Dimana, kegiatan KKN Nusantara ini merupakan kolaborasi antara UHN IGB Sugriwa dan UIN (Universitas Islam Negeri).

“Saya selaku Bupati Tabanan merasa berbahagia dan terhormat karena membuka KKN Nusantara yang pertama kali digelar kolaborasi antara mahasiswa Hindu dan Islam. Saya lihat ini sangat luar biasa sekali apalagi di seantero Nusantara. Tepuk tangan dulu, ini pertama kalinya dan merupakan sejarah,” imbuh Bupati Sanjaya dalam sambutannya saat itu disambut tepuk tangan yang meriah oleh peserta yang hadir.

Orang nomor satu di Tabanan itu berpesan, mahasiswa sebagai kaum intelektual harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksnaan pembangunan di Kabupaten Tabanan. Hal ini dikatakannya juga sangat sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan, yakni, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

“Saya berpesan kepada saudara mahasiswa, kembangkan ilmu saudara agar semakin kreatif dan inovatif. Sehingga, dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia pedesaan untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Sanjaya dan hal ini diharapkan semakin meningkatkan toleransi dan harmonisasi antar umat juga menjadi momentum dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Baca Juga :
Datangi SMPN 1 Singaraja, Sekda Suyasa Tinjau Kesiapan Penerapan PTMT

KKN Nusantara Terbatas Angkatan II Tahun 2022 Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dengan Tema “Memperkuat Semangat Kenusantaraan Melalui Moderasi Beragama” dengan sebaran sebanyak 45 lokasi. Dengan rincian 40 lokasi di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Bali dan 5 Lokasi di Luar Bali. Pelaksanaan KKN dimulai tanggal 27 Juni 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Prof. Dr. Drs. IGusti Ngurah Sudiana., M. Si, selaku Rektor UHN IGB Sugriwa, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tabanan beserta jajaran karena telah mendukung kegiatan ini. “Kita berbangga sekali dengan diadakan pembukaan KKN di Gedung Maria. Ini adalah gedung yang bersejarah. pembukaan KKN ini tidak hanya sekedar pembukaan tapi ada menorehkan sejarah baru, bahwa KKN Kolaborasi beragama adalah yang melibatkan perguruan tinggi UIN dan UHN IGB Sugriwa,” ungkapnya.

Sumber : Humas Pemkab Tabanan