Buleleng (Metrobali.com)-

DPRD Kabupaten Buleleng dalam hal ini Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dengan Ketua I Nyoman Gede Wandira Adi,ST memimpin rapat Koordinasi Persiapan Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Masa Sidang III Tahun Sidang 2021/2022 di Ruang Komisi III DPRD Kabupaten Buleleng, pada Selasa, (17/5/2022).

Dalam rapat tersebut membahas Ranperda terkait Dana Cadangan Pemilu 2024 dan juga terkait dengan 3 Ranpeda yakni Ranperda tentang Perubahan Perda No.12 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Ranperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Pemukiman, serta Ranperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

“Sebelumnya kita di Bapemperda DPRD Buleleng sudah menginformasikan kepada pihak eksekutif terkait pentingnya membuat dana cadangan untuk mengantisipasi jika pos dana yang dikeluarkan dalam pemilu terlalu besar. Dan juga kalau dianggarkan dalam satu tahun, ditakutkan akan membuat pos-pos anggaran yang sudah di setujui di Tahun 2023 menjadi sedikit mengalami permasalahan.” ungkap Wandira Adi usai memimpin rapat koordinasi

Menurutnya proses input data dan Musrenbang yang ada ditingkat desa, kecamatan dan kabupaten untuk Tahun 2023 sudah berjalan. Bahkan hibah bansos, proposal dan lainnya sudah terinput.

“Dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarkan Pemilu sekitar Rp 70 miliyar, dimana Rp 40 miliyar lebih di Tahun 2023 dan selebihnya dianggarkan di Tahun 2024. Jadi dengan adanya hal ini, kita di Bapemperda meminta detail mengenai dari mana pos anggaran yang akan digunakan untuk dana cadangan ini.” jelas Wandira Adi

“Selain itu, kita juga menyampaikan bahwa secara prinsip, anggota di Bapemperda menyepakati Ranperda terkait Dana Cadangan. Walapun hal ini terlambat dikarenakan mencadangkan dana hanya satu tahun. Mengingat jika ingin penggunaan APBD Kabupaten Buleleng dapat berjalan efektif setiap tahunnya.” tandasnya.

Baca Juga :
Update Penanggulangan Covid-19, Rabu, 12 Mei 2021

Terhadap hal ini, selanjutnya Ranperda Dana Cadangan Pemilu dan Tiga Ranperda yang akan di bahas di masa sidang ke tiga tahun ini, akan dikoordinasi kembali lebih detail dengan Eksekutif terkait pada agenda rapat selanjutnya.

 

Pewarta : Gus Sadarsana