Foto: Tokoh Bali Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali.

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., dinilai telah berhasil membangun Bali dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Maka sangat layak dukungan kepada Koster dua periode untuk memimpin Bali terus bergema.

Kali ini dukungan datang dari tokoh Bali Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., yang juga tokoh pendidikan, pendiri kampus ATRO Bali dan Universitas Bali Dwipa. Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali ini Gubernur Koster telah berhasil meletakkan dasar-dasar pembangunan Bali yang mengangkat kearifan lokal dan meletakkan pondasi yang kuat menuju Bali Era Baru.

“Dukungan kepada Bapak Wayan Koster dua periode adalah sesuatu yang sangat wajar bahkan memang sepatutnya kita berikan dukungan seperti itu. Karena memang Pak Wayan Koster berhasil meletakkan dasar-dasar pembangunan yang bisa mengangkat kearifan lokal dengan program pembangunan dan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Saya pribadi juga memberikan dukungan Bapak Wayan Koster memimpin Bali dua periode,” kata Adnyana.

Alumni ITB Jurusan Teknik Sipil angkatan 1984 ini menegaskan tentunya sangat tepat banyak elemen masyarakat memberikan dukungan Gubernur Koster untuk memimpin Bali lagi selama dua periode agar apa yang menjadi program pembangunan bisa terealisasi lebih baik lagi dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Bali.

“Jadi kita bisa sudah lihat outlook-nya apa yang akan beliau capai pada masa kepemimpinannya dengan Bali Era Baru. Bali yang tidak hanya mengandalkan pariwisata, Bali bisa menjadi daerah yang mandiri di atas kaki sendiri, sesuai ajaran Tri Sakti Bung Karno,” ujar Adnyana yang juga Sekretaris Umum Pesemetonan Ageng Trah Arya Kuthawaringin (Patra Arya Kuthawaringin) ini.

Baca Juga :
Aci Cahaya Ajak Milenial Ikut Festival IslamicTunes Batubara

Adnyana mencontohkan, program-program yang benar-benar bisa mengangkat kearifan lokal Bali dan menjadi kebanggaan masyarakat Bali seperti penggunaan Bahasa Bali, aksara Bali, hingga busana adat Bali. “Itu memberikan modal kepercayaan diri kepada masyarakat Bali untuk terus berkarya,” kata pria yang juga Pembina DPW Dulur Ganjar Pranowo (DGP) Bali ini.

Gubernur Koster juga berhasil menggeliatkan pembangunan infrastruktur Bali seperti membangun Shortcut Singaraja-Mengwitani, jalan tol Mengwi-Gilimanuk, pelabuhan segitiga emas yang menghubungkan Nusa Penida, Nusa Ceningan dan kawasan Sanur Denpasar dan masih banyak lagi. “Semua itu tentu akan mendongkrak perekonomian,” kata Adnyana yang pernah menjadi PNS di Departemen PU di Jakarta ini.

Di era kepemimpinan Gubernur Koster Bali juga punya ikon pariwisata baru dengan dimulainya pembangunan Pusat Kebudayaan Bali atau PKB di bekas lahan galian C di Gunaksa, Klungkung. “PKB ini ide sangat cemerlang dari Pak Koster. Ini sangat baik untuk pengembangan pariwisata, akan lebih memperkuat ketahanan pariwisata Budaya Bali, menjadi daya tarik pariwisata baru, dan banyak event bisa dibuat,” ujar Adnyana yang juga seorang notaris ini.

Gubernur Koster juga mencetak sejarah menjadi Gubernur pertama yang berhasil melakukan penataan kawasan suci Pura Besakih, Karangasem secara komprehensif. “Jadi pembangunan yang dilakukan berdasarkan prinsip Nangun Sat Kerthi Loka Bali benar-benar beliau lakukan secara komprehensif,” tegas Adnyana.

Gubernur Koster juga dinilai berhasil membangun SDM dan meningkatkan kualitas SDM Bali termasuk menggarap peluang ekonomi digital dan mencetak lebih banyak talenta digital. Salah satunya dilakukan melalui Bali Digital Festival Bali atau Bali DigiFest yang berlangsung pada 8-10 April 2022.

“Pemikiran Pak Wayan Koster pengembangan dalam SDM sangat baik dan saya memberikan acungan jempol dan dukungan terus agar Pak Koster bisa melanjutkan hal-hal seperti ini sehingga nanti SDM Bali harus bisa menjadi tuan rumah di Bali sendiri,” pungkas Adnyana dalam dalam Pemilu 2019 lalu sempat maju menjadi Calon DPD RI dari Bali.

Baca Juga :
Bupati Badung Pastikan TPP ASN Aman,  Janjikan Cair Sebelum Hari Raya Galungan

Maka dengan berbagai keberhasilan yang dicapai Gubernur Koster, sudah sangat tepat masyarakat Bali memberikan dukungan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini menjadi Gubernur Bali untuk kedua kalinya pada Pilgub Bali 2024 mendatang. (wid)