Mangupura (Metrobali.com)-

Dalam rangka menyongsong kegiatan ASEAN Summit yang digelar November 2011, Pemkab Badung terus memantapkan berbagai persiapan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menyatukan persepsi dengan pengusaha biro reklame yang beroperasi di Kabupaten Badung, Selasa (13/9) kemarin di ruang Langu Gosana Puspem Badung, Sempidi. Turut hadir pada pertemuan tersebut Kasat Pol PP Badung I Ketut Martha, SH, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Drs. I Putu Eka Merthawan, Sekretaris Dispenda Badung A.A. Arimayun, Camat Kuta Selatan I Wayan Wijana, Manager Operasional Bandara Ngurah Rai Halendra, dan instansi terkait serta pengusaha biro reklame.

Sekda Badung Kompyang R Swandika, SH, MH, menjelaskan Pemkab Badung memiliki komitmen kuat untuk menata, membenahi, dan mendandani ruang terbuka. Tidak saja agar tetap terlihat bersih, hijau, dan berbunga namun juga indah dan tertata sesuai estetika. Kawasan Badung sebagai destinasi wisata tidak hanya menampilkan keramahtamahan dan budaya, namun juga harus didukung oleh infrastruktur yang tertata dengan indah dan nyaman dipandang mata. “Kami mengajak biro reklame untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi menata ruang hijau dengan memasang papan reklame yang mencerminkan estetika dan sesuai dengan peruntukan ruang sehingga memunculkan kesan yang indah,” harap Kompyang Swandika.

Diakuinya, Pemkab Badung secara berkesinambungan akan melakukan penataan dan mengendalikan reklame sehingga tidak terkesan semrawut. Keberadaan papan reklame yang bersetetika, lanjutnya, akan memberi multi player effect dimana wisatawan akan betah tinggal di Bali karena melihat pemandangan yang indah. “Mari jadikan papan reklame itu sebagai aksesoris untuk mempercantik ajah Badung. Kami harapkan untuk tidak memasang reklame di sekitar ruang terbuka atau daerah larangan,” tambahnya.

Menjelang even internasional ASEAN Summit, Sekda Swandika mengajak biro reklame ikut memiliki tanggung jawab sehingga hajatan tersebut berlangsung sukses. “Ribuan orang dari berbagai negara akan datang ke Bali. Mohon partisipasinya dengan turut memasang pesan sosial sehingga acara tersebut sukses,” harapnya.

Baca Juga :
Beachwalk Beri Kejutan dan Promo, Rayakan Anniversary ke-5

Salah satu biro reklame, Ida Bagus Wibawa dari Plasma Inti mengaku siap mentaati segala ketentuan yang berlaku, termasuk berpartisipasi mensosialisasikan kegiatan ASEAN Summit tersebut. “Pelaksanaan ASEAN Summit tidak saja tanggung jawab pemerintah, namun juga pengusaha biro reklame. Kami siap berpartiasipasi melakukan sosialisasi,” ujarnya.  Kasat Pol PP Kabupaten Badung I Ketut Martha, SH mengisyartkan akan terus melakukan penertiban reklame yang tidak memiliki ijin dan tidak sesuai peruntukan. “Tidak ada toleransi bagi papan reklame yang melanggar. Pemkab Badung berkomitmen mewujudkan ruang terbuka yang hijau, nyaman, dan indah sehingga Badung tetap menjadi daerah yang menyenangkan untuk dikunjungi,” tandasnya.