Mangupura (Metrobali.com)-

Menindaklanjuti Program Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dikdas dan Dikmen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung menggelar acara Bimtek Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Program Kesiapan Bersekolah yang diselenggarakan mulai  tanggal 18-19 Agustus Tahun 2022, bertempat di SPNF SKB Kabupaten Badung di Jalan Raya Kerobokan (18/8). Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung I Gusti Made Dwipayana. Turut hadir Kepala Bidang PAUD dan PNF I Wayan Wirawan, Kasi Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Cokorda Istri Ari Astiti, beserta Forum Komunikasi Paud-SD.

Kegiatan Bimtek Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Program Kesiapan Bersekolah bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta bimbingan teknis tentang perlunya program kesiapan bersekolah dan cara mengimplementasikannya, membangun pemahaman yang sama antar anggota forum tentang tahapan penyelenggaraan komunikasi PAUD-SD, dan peserta Forum Komunikasi PAUD-SD Program Kesiapan Bersekolah dapat memiliki persepsi dan pemahaman yang sama dalam mempersiapkan anak PAUD menuju jenjang sekolah dasar.

Kadisdikpora Made Dwipayana menyampaikan latar belakang diselenggarakannya Bimtek Penguatan Forum Komunikasi PAUD-SD Program Kesiapan Bersekolah. “Bimtek ini kita laksanakan karena dilapangan masih ada beberapa tanggapan bahwa anak-anak begitu masuk SD itu harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung. Sebagaimana kita ketahui di PAUD tidak ada calistung (membaca, menulis, berhitung) jadi disinilah kita tekankan bahwa forum ini kita bentuk bahwa anak-anak yang baru masuk SD itu tidak harus bisa membaca, menulis dan berhitung karena di PAUD yang ditekankan adalah Pendidikan karakternya,” ungkapnya.

Untuk menjembatani hal ini Made Dwipayana menyatakan adanya strategi yang dilakukan untuk mengatasinya yakni dengan memberikan pembelajaran dengan konsep Holistik dan Integratif. “Untuk menjembatani hal ini maka kita bentuk forum di PAUD bagaimana strateginya memberikan pembelajaran calistung (membaca, menulis dan berhitung) kepada anak-anak yakni strateginya berupa gambar dengan memberikan pelajaran menggambar di alam. Begitu anak masuk SD dia sudah lebih siap untuk pembelajaran SD,” sambungnya.

Baca Juga :
SBY Berkelakar Terkait Pilpres Dalam Rakornas TPID

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan PNF I Wayan Wirawan selaku Ketua Panitia pada Bimtek ini mengatakan, harapannya dari hasil pelaksanaan penyelenggaraan bimtek penguatan forum komunikasi PAUD-SD program kesiapan bersekolah. “Hasil yang diharapkan dari adanya bimtek ini yakni peserta bimtek dapat memahami dan mampu menjelaskan implementasi program kesiapan bersekolah, dapat memahami dan mampu menjelaskan strategi implementasi program kesiapan bersekolah di wilayah kerja masing-masing, dan dapat terciptanya satuan PAUD dan SD yang memiliki kesiapan dalam mengimplementasikan program kesiapan bersekolah secara terintegrasi,” ujar Wayan Wirawan.

Sumber : Humas Pemkab Badung