Jembrana (Metrobali.com)-
Kondisi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali masih landai dan lancar. Lebaran 2022 masih didominasi pemudik kendaraan roda dua.
Manager ASDP Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Djumadi mengatakan kondisi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk masih landai, mengalir dan lancar. Dan untuk kendaraan roda empat A mengalami penurunan.
Namun sampai H-5 Lebaran 2022, Rabu (27/4/2022), sambungnya, arus mudik Lebaran 2022 masih didominasi pemudik menggunakan roda dua dan roda empat pribadi.
“Nanti malam saya prediksi kendaraan angkutan logistik akan berkurang dari hari-hari sebelumnya” ujar Djumadi di temui di Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (27/4/2022).
Sedangkan untuk melayani penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk, lanjutnya, ASDP sebagai penyedia fasilitas telah mengoperasikan empat (4) dermaga yakni 3 dermaga MB dan 1 dermaga Ponton serta 3 dermaga LCM.
“Untuk KMP (kapal motor penumpang) yang siap dioperasikan sebanyak 44 kapal dari 48 kapal karena 4 kapal masih docking” jelasnya.
Sementara Kepala BPTD (Badan Pengelola Transportasi Darat) Bali-NTB Satuan Pelabuhan (Satpel) Penyeberangan Gilimanuk, Nyoman Sastrawan mengatakan mengatasi jika terjadi lonjakan pemudik pihaknya sudah memiliki pola-pola yang akan dilaksanakan.
“Salah satunya dengan menaikan trip kapal. Untuk kapal hari ini tetap ada 28 kapal yang dioperasikan” ujarnya.
Terkait kondisi cuaca, pihaknya sudah bekerjasama dengan BMKG. Dan didalam melaksanakan pemeriksaan dalam pembuatan SPB itu selalu dilampirkan. “Jadi situasi cuaca dilampirkan. Dan ini sudah online langsung di setiap nahkoda kapal” ucapnya.
Pewarta : Komang Tole
Baca Juga :
Gendo Sambut Jerinx Di LP Kerobokan, Jerinx: Terima Kasih Kepada Tim Hukum Yang Sudah Bekerja Keras