Denpasar (Metrobali.com)-

Sebagai penyelenggara multipleksing (MUX) di wilayah layanan siar Bali, ANTV menyelenggarakan komitmen mengadakan sosialisasi migrasi dari TV analog ke TV digital di Bali.

Dilansir dari jurnalis indonesia pada Sabtu, 6 Agustus 2022, Bali yang merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia ini memiliki keadaan geografis dan letak astronomis tersendiri yang mempengaruhi penduduknya juga.

Di sisi lain, melansir dari waktuku, Bali yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini juga masih kental akan warisan budayanya.

Disamping itu, selain melakukan sosialisasi TV digital, ANTV juga mendistribusikan Set Top Box (STB) gratis kepada rumah tangga yang kurang mampu di daerah Kota Denpasar dan Kabupaten Tabanan Bali.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Phillip Gobang, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali Agus Astapa menyaksikan langsung penyerahan dan instalasi STB ini ke rumah-rumah tangga yang kurang mampu.

Setidaknya ada 10.007 STB gratis yang dibagikan oleh ANTV dan merupakan jumlah STB terbesar dalam komitmen penyelenggara MUX di Bali.

Di sisi lain, dilansir dari intipseleb pada Rabu, 3 Agustus 2022, ANTV juga aktif menggelar X School Fest pada berbagai titik lokasi di Indonesia.

Sebelumnya X School Fest ANTV digelar di MAN 1 Bekasi, namun pada 3 Agustus 2022 ANTV kembali menggelar X School Fest di titik kedua yakni di SMA Islam PB Soedirman Kota Bekasi.

Acara yang digelar adalah perlombaan menyanyi yang dimeriahkan oleh sederet talenta berbakat dari SMA Islam PB Soedirman Kota Bekasi.

Para siswa dengan percaya diri mengeluarkan bakat menyanyi mereka dan tampil di X School Fest ANTV.

Penonton sangat antusias dan memberikan semangat serta dukungan bagi para siswa yang menyanyi, mulai dari bernyanyi solo hingga ada pula yang bernyanyi grup duo.

Baca Juga :
PKB Buleleng, Tampilkan Rekontruksi Tarian Langka Tari Legong Tombol, Tari Legong Pengelep Dan Tabuh SAR

Tak hanya membagikan STB gratis dan X School Fest, ANTV juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti sosialisasi Analog Switch Off (ASO).

Kegiatan ini ditujukan agar masyarakat paham dan mengerti mengenai migrasi dari siaran TV analog ke TV digital yang akan dilakukan dalam 3 tahap yakni pada tanggal 20 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022.

Pada penyelenggaraan ASO tahap 1 tanggal 30 April 2022 di Bali, ANTV telah membangun 6 site MUX untuk menyukseskan kegiatan ini dimana site MUX tersebut untuk melayani 95 persen masyarakat di Bali.

Keenam site MUX tersebut tersebar pada beberapa daerah, diantaranya adalah di Kintamani, Denpasar, Buleleng, Singaraja, Gilimanuk, dan Karangasem.

“Provinsi Bali memiliki nilai strategis bagi ANTV. Tujuh tahun berturut-turut ANTV mempertahankan posisinya sebagai TV nomor satu di Bali karena konten siaran ANTV yang memiliki kesamaan dengan budaya masyarakat Bali. Seperti contohnya serial Mahabharata yang kisahnya pasti sangat akrab di benak masyarakat Pulau Dewata,” tandas Direktur PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) Neil R. Tobing.

Sambutan gembira juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati terkait pembagian STB gratis dan juga sosialisasi migrasi TV digital yang diselenggarakan oleh ANTV ini.

“Semoga dengan kegiatan ANTV ini, ASO tahap 1 di Bali berjalan lancar tanpa kendala sehingga masyarakat Bali bisa menikmati siaran TV digital. Pun Pemprov Bali siap membantu Kemkominfo menggelar sosialisasi ASO demi keberhasilan migrasi TV digital,” kata Cok Ace, panggilan akrab Wakil Gubernur Bali.

Kemkominfo berdasarkan database dari Kementerian Sosial Republik Indonesia sebelumnya telah menetapkan para penerima STB gratis yakni merupakan rumah-rumah tangga kurang mampu dan memiliki pesawat televisi analog.

Baca Juga :
Dewan Mediasi Akses Jalan Ditembok

Data ini kemudian menjadi acuan oleh penyelenggara multipleksing untuk dapat membagikan STB dengan tepat sasaran.

 

Sumber : ANTV