Denpasar (Metrobali.com)-

Komitmen Walikota untuk mengangkat produk-produk tradisional yang memiliki nilai keraifan lokal untuk menjadi produk unggulan masa depan terus dilakukan. Seperti produk tradisional songket, Pemerintah melalui Dinas Perindag telah menyiapkan seperangkat peralatan yang mampu mencetak kain lebih panjang dan lebih lebar dari sebelumnya. Bagi perajin yang berminat “kami siap membantu memfasilitasi dengan menyediakan peralatan cetak”, ujar Drs. I Wayan Gatra,M.Si Kadis Perindag saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/1).

Dijelaskan, kain songket yang sudah terkenal dan banyak dicari masyarakat kini akan makin menggeliat. Selain keindahan corak dan warna yang mulai bervariasi kini perajin juga telah disiapkan mesin cetak yang mampu mencetak kain lebih panjang dan lebih lebar. Kemajuan teknologi harus mampu dimanfaatkan dengan mendesain mesin yang sesuai dengan kebutuhan, ujar Gatra memulai pembicaraannya.Ditopang mesin cetak yang memadai dan kreatifitas para perajin kedepan songket diharapkan mampu go internasional sama halnya dengan produk batik yang sudah go internasional.

Dengan mesin cetak baru ini Gatra berharap harga dipasaran untuk produk ini bisa ditekan sehingga terjangkau oleh masyarakat khususnya lapisan menengah kebawah. Disamping itu kesan hanya untuk kalangan atas dan mahal terhadap produk tradisional satu ini pelan-pelan akan makin terkikis, ungkapnya. Komitmen untuk mengangkat produk ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak salah satunya adalah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar. Hal ini dibuktikan dengan rutinnya menggelar kegiatan seperti fashion yang baru ini digelar dengan mengangkat tema pesona kreasi endek, bordir dan songket. Sama halnya dengan endek, untuk songket pihaknya juga akan menggelar berbagai kegiatan untuk lebih mempopulerkan produk ini seperti; menggelar seminar, pameran, pelatihan, pembinaan hingga pendampingan, jelas Gatra.

Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan gairah masyarakat untuk menekuni bidang usaha ini makin meningkat dan terus bertambah. Ditambahkan untuk mesin tenun ini pihaknya kemarin sudah menggelontor sebanyak 7 buah kepada para perajin diserahkan saat lunching oleh Walikota IB Rai D. Mantra dan Nyonya Selly D. Mantra. Dengan bantuan ini kedepan mudah-mudahan perajin lainnya termotivasi dan dijelaskan pula bahwa jumlah perajin songket yang ada di Kota Denpasar saat ini jumlahnya bisa dihitung dengan jari. (Sdn.Hms.Dps.).

Baca Juga :
Polda Maluku kirim tim psikologi untuk trauma healing pengungsi Kariuw