Mangupura (Metrobali.com)-
           Permasalahan sampah merupakan sesuatu yang tidak perlu dipolemikkan namun yang terpenting adalah bagaimana kita secara kongkrit, sistematis dan terprogram dalam menanganginya” ungkap Bupati Badung A.A Gde Agung saat menerima wheel loader bantuan dari Ir. H. Aburizal Bakrie di Puspem Badung, Senin (9/1) kemarin. Wheel Loader seharga 1,4 Milyar ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha besar yang memiliki kegiatan usaha di kawasan Badung berkenaan permasalahan di Badung terutama masalah sampah di Kuta.
            Bupati Gde Agung didampingi instansi terkait mengungkapkan wheel loader bantuan ini akan sepenuhnya membantu Unit Reaksi Cepat (URC) DKP di Pantai Kuta dalam penanganan sampah kiriman. Disamping loader bantuan dari Aburizal Bakrie, operasional DKP Badung juga sudah dibantu satu unit wheel loader baru melalui APBD Badung 2011, dua unit truk dan untuk menyusuri kemacetan di Kuta juga disiapkan enam buah sepeda motor gerobak. “Bagi kami di Kabupaten Badung mempunyai kewajiban untuk menanggulangi sampah yang ada di daratan, saat sampah masuk pantai Kuta, pemerintah berupaya semaksimal mungkin melakukan upaya penanganan, dalam hal ini tim URC DKP Badung dibantu dengan alat berat” ujar Gde Agung.
            Diungkapkan pula berkenaan dengan sumbangan ini kiranya pengusaha-pengusaha besar yang ada di Kabupaten Badung utamanya yang bergerak di pariwisata hotel dan restoran untuk kiranya ikut membantu Pemda Badung dalam penanggulangan sampah Kuta, dimana saat ini penanganan sampah juga dibantu coca-cola group. Gde Agung menambahkan berkenaan hujan yang terus menerus belakangan ini, Bupati sudah jauh hari sebelumnya menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memantau semua wilayah dan menyiagakan sepenuhnya 24 jam yang menjadi kewenangan BPBD itu sendiri. Dinas Bina Marga juga diminta untuk memantau jalan-jalan dan gorong-gorong. ”Semua tim sudah bekerja di Badung dan mudah-mudahan kejadian yang akan terjadi masih bisa diantisipasi” harap Bupati. Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengubah prilaku membuang sampah sembarangan terutama di saluran air, karena hal ini tentu akan berakibat buruk bagi lingkungan.
            Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali atas inisiatif beliau pada waktu lalu pada sebuah kesempatan bertemu dengan Aburizal Bakrie, mengusulkan bantuan sebuah wheel loader untuk menanggulangi sampah yang ada di Kuta dan itu sudah terealisasi sekarang. MB1
Baca Juga :
Soal informasi gempa susulan, BPBD imbau warga Maluku tak panik