Farid Anfasa Moeloek

Jakarta (Metrobali.com)-

Penasihat Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Farid Anfasa Moeloek mengatakan UI harus bisa menjadi guru bangsa dan ikut menyelesaikan masalah yang dihadapi bangsa saat ini.

“Artinya bagaimana UI bisa ikut menyelesaikan masalah bangsa dan masalah nasional seperti ekonomi, politik, administrasi negara dan masalah lainnya,” kata Farid Anfasa Moeloek di Jakarta, Kamis (4/9).

Farid yang juga mantan Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan itu mengatakan UI memiliki banyak ahli sehingga sangat mungkin untuk membantu pemerintah.

Dia juga mengatakan UI harus bisa menjadi “kapal bendera” bagi pendidikan tinggi di Indonesia. Bukan hanya mengajar sarjana, master hingga doktor, tapi UI juga bisa mengajar negara.

“Karena itu UI harus bisa melahirkan orang-orang yang bermutu tinggi dan bisa membantu bangsa,” kata Farid yang juga pernah menjabat Guru Besar Fakultas Kedokteran UI tersebut.

Karena itu, menurut dia, pendidikan yang diajarkan di UI bukan hanya pendidikan kognitif atau hanya memberi pendidikan untuk otak saja tapi juga perlu pendidikan karakter.

Selain pendidikan kognitif, menurut dia, lulusan UI harus mampu membuka peluang kerja bagi orang lain bukan hanya mencari kerja.

“Dulu banyak ahli UI yang membantu pemerintah, dan sekarang juga kita perlu membantu pemerintah agar tidak ada lagi korupsi karena ujungnya itu adalah pendidikan,” tambah dia. AN-MB