jokowijk6

Jakarta (Metrobali.com)-

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) akan meningkatkan anggaran kesehatan menjadi lima persen dari belanja pemerintah, yang salah satunya untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan 6.000 puskesmas.

“Dalam program Jokowi-JK itu jelas bahwa anggaran kesehatan akan dipertajam menjadi lima persen, untuk menyokong peningkatan penerima bantuan iuran BPJS, peningkatan kapasitas dan kualitas 6.000 puskesmas sebagai ujung tombak BPJS, serta 50.000 rumah sehat,” kata anggota tim ekonomi Jokowi-JK, Dolfi OFP dalam acara Sarasehan Nasional Isu Jaminan Sosial Pada Pilpres 2014, yang diselenggarakan Universitas Sumatera Utara (USU), di Jakarta, Sabtu (7/6).

Dolfi menjabarkan, saat ini hanya 86,4 juta rakyat yang menjadi penerima bantuan iuran BPJS, namun tidak dapat dipastikan bahwa penerimanya layak dianggap sebagai masyarakat tidak mampu.

“Angka BPS tentang daya beli masyarakat di bawah Rp500 ribu jumlahnya lebih dari itu, dan kalau memakai definisi fakir miskin atau orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, tentu angkanya akan lebih besar,” kata Dolfi.

UMR Politisi PDI Perjuangan itu mencontohkan, upah minimum regional rata-rata nasional sekitar Rp1,5 juta, sementara masyarakat yang daya belinya di bawah Rp500 ribu saja totalnya sudah mencapai 124 juta jiwa, sehingga apabila memakai tolak ukur upah minimum rata-rata regional Rp1,5 juta, akan ada 200 juta penduduk yang perlu mendapatkan bantuan iuran BPJS.

“Maka komitmen kami adalah melakukan cover terhadap seluruh rakyat Indonesia dengan iuran tetap Rp19.250, sehingga APBN menanggung Rp57 triliun. Ini lebih bisa meng-cover,” ujar dia.

Selain itu kata Dolfi terkait itu pula, pihaknya akan meningkatkan 6.000 puskesmas, karena saat ini satu puskesmas harus melayani delapan desa. Untuk menjadikan puskesmas sebagai ujung tombak BPJS, maka puskesmas harus ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya.

“Tahap pertama Rp1 miliar untuk satu puskesmas, jadi tahun pertama Rp6 triliun untuk meningkatkan 6.000 puskesmas,” kata dia.

Sedangkan untuk peningkatan 50.000 rumah sehat, akan dilakukan bertahap sebanyak 10.000 rumah sehat setiap tahun dengan anggaran Rp5 triliun.

Dolfi mengatakan diperlukan asumsi untuk memenuhi anggaran tersebut. Menurut dia, Jokowi-JK meyakini dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar enam persen lebih, maka ruang fiskal belanja pemerintah tersedia sebesar Rp400 triliun hingga Rp600 triliun.

“Ruang belanja itu akan meningkat setiap tahun sekitar Rp200 triliun, dan dapat digunakan lima persen untuk kesehatan,” kata Dolfi.

Dia menekankan saat ini pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan di angka tiga persen. Untuk mencapai lima persen, hanya dibutuhkan anggaran sebesar Rp40 triliun saja. AN-MB