Buleleng, (Metrobali.com)

Guna mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Buleleng bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi tahapan verifikasi faktual partai politik kepada camat dan perbekel/lurah se-Kabupaten Buleleng, di Hotel Banyualit, Lovina, Sabtu, (15/10).

Turut hadir dalam kegiatan itu, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng, Kappa Tri Aryandono menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Buleleng siap mendukung dan memfasiitasi pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 agar berjalan lancar dan sukses.

Selain itu, pihaknya meminta kepada seluruh unsur dan pemangku wilayah untuk turut mendukung dan memfasilitasi termasuk untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat. “Kesuksesan pemilu 2024 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana yang membuka pada sosialisasi ini menyampaikan, kepada seluruh Camat Dan Perbekel se-Kabupaten Buleleng bahwa saat ini. KPU sudah memasuki tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol yang akan dilakukan secara sampling.

Ketua Dudhi Udiyana juga memohon permakluman sekaligus dukungan kepada camat dan perbekel/lurah pada saat tim verifikator dari KPU Buleleng melakukan verifikasi ke desa/kelurahan yang terdapat sampling.

Ditempat yang sama, Anggota KPU Kabupaten Buleleng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Gede Bandem Samudra mengatakan, informasi awal tentang rekrutmen tenaga adhok di tingkat kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan di tingkat desa/kelurahan (PPS) yang akan segera dilakukan pada bulan November 2022.

Terkait hal itu, Bandem Samudra meminta dukungan baik dari segi tempat maupun SDM yang memadai sebagai Sekretariat PPK/PPS. (RED-MB)