Buleleng, (Metrobali.com)

Dengan adanya akses menuju rumah sakit yang cukup jauh, Klinik Padma Bahtera Medical Centre bekerjasama dengan Duwe Nyama Bali (DNB), pada Sabtu, (24/9/2022) melakukan aksi sosial berupa safari kesehatan di Balai Serba Guna, Desa Nagasepeha, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Aksi kemanusiaan berupa safari kesehatan ini, menyasar warga masyarakat yang sakit dan para kaum lansia. Dimana dalam pantauan metrobali.com, tampak terlihat puluhan warga masyarakat desa setempat datang ke Balai Serbaguna Desa Nagasepaha untuk berobat. Selain memberikan pengobatan secara gratis, juga membagikan tiga unit kursi roda kepada masyarakat lansia yang tidak bisa berjalan kaki atau berjalan kaki dengan lancar lantaran menderita sakit, dan juga menyerahkan bantuan sosial kepada anak yatim piatu di Desa Nagasepaha.

“Saya melakukan aksi sosial berupa safari kesehatan diseluruh Bali. Dan agenda kali ini di Desa Nagasepaha, untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat pedesaan yang dikarenakan akses menuju rumah sakit yang cukup jauh.

Direktur Utama Klinik Padma Bahtera Centre, I Dewa Nyoman Budiasa kembali menegaskan bahwa aksi kegiatan safari kesehatan akan menyasar kepada masyarakat Bali. Namun dalam hal ini, sudah secara rutin dilakukan dibeberapa desa di Buleleng dan juga di Tabanan.

“Hati nurani menjadi tersentuh dengan keberadaan masyarakat pedesaan, lantaran melihat kondisi mereka bekakangan ini, dimana selain akses rumah sakit jauh, banyak warga masyarakat Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang terblokir. Harapannya juga, aksi seperti ini bisa dilakukan oleh seluruh steakholder.“ jelasnya.

“Kegiatan safari kesehatan, sudah sering dilakukan di Bali. Sebelum di Buleleng, sudah dilakukan di Kabupaten Tabanan. Jadi kegiatan ini, menyasar wilayah desa yang akses kesehatannya sulit. Saya berharap instansi terkait agar memperhatikan fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas Pembantu, dengan sarana prasarana kesehatan yang menyesuaikan. Bila perlu dilakukan pelayanan kesehatan dengan pola jemput bola.” tandas Dewa Nyoman Budiasa.

Direktur Utama Klinik Padma Bahtera Centre, I Dewa Nyoman Budiasa

Pada sisi lain, Kepala Desa Nagasepaha, Wayan Sumeken mengatakan dengan kegiatan safari kesehatan dan bantuan sosial yang menyasar warga Desa Nagasepaha, pihaknya mengucapkan rasa terimakasih kepada Dewa Nyoman Budiasa bersama Duwe Nyama Bali dengan harapan, kegiatan ini berkesinambungan.

“Kami mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan safari kesehatan dan bantuan sosial. Aksi ini sangat bermanfaat bagi warga kami yang sakit, karena rumah sakit lumayan jauh tempatnya. Sehingga safari kesehatan merupakan kesem patan warga kami untuk berobat bagi yang sakit. Hal ini terlihat, banyak warga yang datang berobat, serta tiga orang warga menerima bantuan kursi roda,” pungkasnya.

Usai berobat, salah satu warga bernama Made Sumi mengaku sangat beterima kasih karena bisa berobat melalui safari kesehatan ini. Mengingat rumah sakit cukup jauh. Artinya merasa sangat terbantu atas safari kesehatan ini.

“Safari kesehatan sangat bermanfaat. Sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi untuk memeriksakan sakitnya.“ tutupnya. GS