Foto: Dalam upaya pencegahan penularan virus Corona, PSI Denpasar Jumat (10/4/2020) melakukan penyemprotan di sejumlah Gereja di Denpasar menjelang Hari Raya Paskah.

Denpasar (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Denpasar, Jumat (10/4/2020) melakukan penyemprotan di sejumlah Gereja di Denpasar menjelang Hari Raya Paskah.

Wakil Sekretaris DPD PSI Denpasar Gurita Putra Wijaya menyebutkan penyemprotan desinfektan, dilakukan diantaranya di Keuskupan Agung Denpasar, Gereja Baptis Indonesia Anugerah, Gereja Baithani, Wisma Soverdi,  Gereja Bala Keselamatan, GPDI kasih karunia, Gereja katolik ubung dan beberapa gereja lain dilakukan selama beberapa hari.

“Kami awalnya melakukan penyemprotan di empat gereja, kemudian pendeta di gereja tersebut saling berkoordinasidengan gereja lain dan akhirnya semakin banyak yang meminta bantuan penyemprotan,” ujar Gurita Putra.

“Hingga saat ini yang sudah kami list sekitar 40 gereja di Kota Denpasar baik yang sudah dan akan kami lakukan penyemprotan hingga minggu depan,” imbuh Gurita Putra didampingi Anggota DPRD Kota Denpasar dari PSI Agus Wirajaya.

PSI Denpasar mengaku sangat senang dapat membantu dan bergerak bersama untuk mencegah merebaknnya virus corona. Gurita Putra menuturkan bahwa Gereja yang memiliki jemaat yang sedikit dan tidak begitu besar, agak sulit mendapatkan bantuan penyemprotan.

Kendati tidak dilakukan peribadahan dalam merayakan hari raya Paskah, PSI berharap dapat memberikan upaya pencegahan lebih awal.

“Berapa titik yang kita semprot Gerejanya memiliki Jemaat sedikit dan kemukinan sulit untuk mendapat bantuan penyemprotan. Meskipun tidak ada ibadah, kami tetap melakukan upaya pencegahan” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PSI Denpasar Selatan Bertoni Mario Litaay, menegaskan bahwa penyemprotan dilakukan sebagai wujud kepedulian PSI dalam menekan dan meminimalisir jumlah penderita covid-19.

Sebagai umat Nasrasi, Mario merasa sangat berkesan dapat melakukan pelayanan kepada gereja-gereja khususnya di Denpasar dengan melakukan desiknfektan.

“Saya sebagai umat Nasrani juga merasa ada suka cita tersendiri dari kegiatan penyemprotan desinnfektan ini. Saya harap ini dapat menjadi kegiatan pelayanan bagi saya di Hari Paskah ini,” tuturnya.

Mario Litaay menuturkan bahwa Ibadah Paskah tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya yaitu dilakukan secara online. Ini juga sesuai dengan himbauan pemerintah untuk melakukan ibadah di rumah.

“Pengalaman tahun ini sangat berbeda karena harus beribadah di rumah dan didepan laptop. Tapi bagaimanapun juga kita bisa beribadah dengan khidmad karena sudah dipersiapkan live streaming,”ungkapnya.

Selain melakukan penyemprotan, DPC PSI Densel telah juga memberikan edukasi melalui media sosial dengan menyebarkan gambar dan himbauan untuk menjaga keshatan, untuk menggunakan masker, jaga jarak dan menghindari keramaian. Selain itu aka nada kegiatan membagikan sembako bagi masyarakat kurang mampu.

“Selain memberikan edukasi, kita juga sedang tahap pembahaasan akan menyalurkan bantuan dalam bentuk lain seperti sembako, karena kebetulan kita sudah dapat data dari Badan Pusat Statistik mengenai masyarakat yang kurang mampu,” imbuhnya. (dan)