Denpasar (Metrobali.com)-

Secara umum tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di Bali selama semester pertama telah berjalan dengan baik. Demikian dikatakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika ketika memimpin Rapat Kerja Evaluasi Program Pembangunan Semester I dan Pelaksanaan Program/Kegiatan Triwulan II Tahun 2013 di Gedung Wiswa Sabha Utama,  Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (24/7).

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan terima kasih kepada semua instansi SKPD Provinsi Bali, Instansi Vertikal, Satker dan Balai di wilayah Provinsi Bali  serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali yang telah melaksanakan kegiatan pembangunan sesuai rencana pada semester pertama. “Namun evaluasi obyektif dan proporsional tetap sangat diperlukan sehingga sisa waktu yang ada yaitu semester kedua tahun ini semua program bisa diakselerasi pelaksanaannya,” kata Gubernur.

Ia menambahkan tahun ini merupakan tahun terakhir implementasi visi Bali Mandara yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2008- 2013. “Sehingga perlu dievaluasi secara menyeluruh agar terlihat program yang berhasil, program yang efektif, program yang tumpang tindih atau mungkin program yang gagal serta sampai sejauh mana Program Bali Mandara itu bisa diwujudkan,” imbuh Pastika.

Gubernur juga berharap melalui evaluasi ini dapat terus memantapkan sinergitas program dan memantapkan koordinasi diantara pemangku kepentingan baik instansi pusat, provinsi maupun kabupaten kota sehingga tercipta dapat meningkatkan efektivitas program. “Saya ingatkan kepada para Bupati dan Walikota agar bersama-sama mengefektifkan program unggulan terutama program strategis pusat dan provinsi agar disinergikan dengan program di Kabupaten/Kota,” katanya.

Tampak hadir dalam Raker tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang juga Plt Kepala Bappeda Provinsi Bali Cok Ngurah Pemayun, Wakil Ketua DPRD Bali Ketut Suwandhi, Bupati Karangasem Wayan Geredeg, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan dan pimpinan instansi-instansi pusat di daerah. DP-MB