Tentara China berlatih menjelang parade militer 1 Oktober untuk memperingati hari jadi China ke-70, Beijing, 25 September 2019. (Foto: AP)

China akan memamerkan persenjataannya yang kian canggih dalam parade militer yang akan digelar pada Selasa (1/10). Persenjataan yang dipamerkan termasuk rudal bersenjata nuklir yang bisa mencapai AS dalam 30 menit.

Seperti dilaporkan Associated Press, Dongfeng 41 adalah satu dari serangkaian senjata baru yang kata media China akan dipamerkan dalam parade yang menandai 70 tahun kekuasaan Partai Komunis. Senjata lainnya termasuk sebuah drone supersonik dan sebuah kapal selam robot.

Acara itu akan menekankan ambisi Beijing untuk menegaskan klaim-klaimnya atas Taiwan, Laut Cina Selatan dan wilayah-wilayah yang disengketakan lainnya, dan untuk menantang Washington sebagai kekuatan dominan di kawasan itu.

Tentara Pembebasan Rakyat adalah angkatan bersenjata terbesar di dunia dengan dua juta perwira dan memiliki anggaran tahunan terbesar kedua setelah militer AS. [vm/ft] (VOA)