Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta

Klungkung (Metrobali.com)-

Terdiam, begitulah reaksi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ibu Ayu Suwirta  ketika melihat kondisi I Wayan Liber (75th.) yang kondisi rumahnya sangat tidak layak huni. Bangunan 3 meter  x 3 meter dengan beralaskan tanah, dipenuhi barang rongsokan dan ranting kayu bakar, menjadikan bangunan tersebut makin berantakan. Hal tersebut disaksikan Bupati Suwirta ketika mengunjungi lelaki tua renta I Wayan Liber di Desa Adat  Besang Kawan, guna menyerahkan bantuan sembako dan beberpa potong baju dan celana baru pada hari Minggu (2/8).

Wayan Liber yang sudah tidak mampu bekerja ini tinggal bersama putra semata wayangnya Wayan Sukiarta (43th) yang melakukan pekerjaan memulung sampah plastik. Halaman rumahnya pun dipenuhi tumpukan sampah plastik dan rongsokan. Mereka berdua tinggal di dalam rumah tua yang tidak dilengkapi dengan alas tidur.

Bupati Suwirta yang hadir didampingi Kepala Lingkungan (Kaling)Besang Kawan, Putu Sedana Yoga menawarkan bantuan bedah rumah kepada Wayan Liber. “ Bedah Rumah senilai Rp 30 juta nantinya akan kita berikan kepada Pak Wayan Liber, lengkap dengan air dan listrik,” ujar Bupati Suwirta. Kendati anggaran bantuan bedah rumah di anggaran perubahan sudah habis, namun Bupati memerintahkan Kepala Dinas Sosial untuk memasukkan I Wayan Liber untuk mendapatkan prioritas bantuan bedah rumah.

Kepada Kaling Putu Sedana Yoga, Bupati Suwirta menghimbau untuk terus memantau warganya. “ Jangan sampai ada warga kurang mampu yang tercecer tidak mendapat bantuan kemanusiaan,” ujar Bupati asal Ceningan.

Kepada Bupati Suwirta , I Wayan Liber menyampaikan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan kepadanya.  Dalam kedatangannya itu, Bupati Suwirta juga menyempatkan mengganti baju I Wayan Liber yang bau dan usang. Disamping menyerahkan bantuan sembako dan pakaian baru, Bupati juga menyerahkan bantuan sejumlah uang tunai.  RED-MB