Universitas Hindu Indonesia

Denpasar (Metrobali.com)-

Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar melakukan seleksi penerimaan mahasiswa Baru (SPMB) tahapan pertama tahun 2014/2015 melibatkan 594 orang di kampus setempat.

“Seleksi yang dilaksanakan Sabtu (30/5) merupakan seleksi tahapan pertama untuk program sarjana (S1), sementara untuk program pasca sarjana (S2) dan doktor (S-3) memiliki mekanisme yang berbeda,” kata Rektor Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Dr. Ida Bagus Dharmika, MA, Minggu (31/5).

Ia mengatakan, Unhi melakukan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya, karena untuk tahun ini, Unhi memiliki target memperoleh mahasiswa baru yang lebih berkualitas sesuai sistem penjaminan mutu yang sudah ditetapkan.

“Unhi menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru lebih awal dibandingkan dengan semua perguruan tinggi (PT) yang ada di Bali, artinya, kami ingin calon mahasiswa yang mendaftar memang calon mahasiswa yang berkualitas bukan yang abal-abal,” kata Dharmika.

Ia melanjutkan, proses rekrutmen yang dilakukan paling awal didasarkan atas pemikiran bahwa membangun pencitraan publik Unhi yang berbasis agama dan kebudayaan harus diawali sejak rekrutmen calon mahasiwa baru yang baik dan benar, kemudian dilanjutkan dengan proses pembelajaran yang baik, sehingga diharapkan mendapatkan lulusan yang berkualitas.

“Semakin banyak lulusan kami yang berkualitas maka semakin luas pula peluang umat Hindu untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan bangsa yang semakin kompetitif,” imbuhnya.

Ida Bagus Dharmika mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan kepada calon mahasiwa yang nantinya menjadi bagian dari UNHI untuk mendapatkan beasiswa berbagai macam jenis baik yang berasal dari kampus maupun instansi luar kampus.

“Unhi memberikan beberapa jenis beasiswa diantaranya, beasiswa PPA dan BBM dari Kopertis-Dikti, Beasiswa BP-PPA dari Dikti, beasiswa bebas SPP dari UNHI setelah mahasiswa duduk di semester IV, Beasiswa Bidikmisi dari Kopertis, Beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Denpasar, dan beasiswa lainnya yang tidak mengikat,” katanya.

Untuk beasiwa bebas biaya (SPP), Ida Bagus Dharmika mengungkapkan, hanya diberikan kepada mahasiswa baru (S1) pada Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, Fakultas Kesehatan (Ayur Veda), Fakultas Pendidikan Agama dan Seni dan Fakultas Tehnik saja.

“Bantuan beasiswa bebas SPP ini diberikan oleh sejumlah umat Hindu yang peduli dengan Unhi dan mencintai agama dan kebudayaan Bali,” katanya.

Ida Bagus Dharmika menambahkan, Unhi akan kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke II mulai tanggal 30 Mei-30 Juli 2015. “Generasi muda Hindu yang tertarik dengan beberapa program studi baru, namun tidak memiliki kesempatan di gelombang pertama, bisa mendaftarkan diri pada gelombang ke dua nanti,” ujarnya. AN-MB