Koster di Klungkung
Klungkung ( Metrobali.com )-
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) mulai mengambil ancang untuk mempersiapkan diri menyapu bersih Pilkada Serentak. Hal itu disampaikan  Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster usai melaksanakan pembekalan terkait empat pilar di kantor DPC PDIP Klungkung, Minggu (10/5 ). ” Ada enam Pilkada yang akan dilakukan secara serentak tahun 2015 yakni Karangasem, Bangli, Badung, Denpasar, Tabanan dan Negara. Kita akan sapu bersih pada pilkada serentak tersebut, ujarnya Koster.

Bahkan untuk empat kebupatan yang sekarang ini dipinpin PDIP, Koster  mengatakan akan mempertahankan paket atau pasangan yang ada. “Untuk empat incumbene dari PDIP akan dilanjutkan termasuk dengan pasanganya,”  pungkas Koster.

Diakui sekalipun ada riak riak namun Koster mengatakan Partai punya mekanisme untuk menyatukan mereka kembali. Tantangan terbesar PDIP adalah untuk Pilkada di Badung dan Karangasem. Untuk itu Koster mengatakan sedang melakukan survai yang
melibatkan perguruan tinggi di Bali. “Minggu depan hasil survai keluar ini akan menjadi acuan kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Koster mengatakan  jika  untuk di Karangasem dan Badung ada kader yang memenuhi syarat, untk itu yang bersangkutan akan di preoritaskan mendapat rekomendasi dan didukung partai. Terkait koalisi Koster mengatakan diserahkan kepada mekanisme masing masing Kabupetan. “Soal koalisi mestinya secara linier dari Pusat…namun ternyata itu sulit diujudkan…di DPRD saja sulit dilakukan,” ujarnya seraya mencontohkan Hanura Klungkung fraksinya berkoalisi dengan Gerindra.

Koster  mengaku akan membawa analisa tersebut ke DPP yang nantinya akan mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan calon.
Sementara untuk mememangkan Pilkada serentak ini PDIP mengaku sedang menyusun strategi. Sementara itu dalam pemaparanya kepada kader kadernya koster meminta agar tidak ada lagi kader yang saling sikut dan saling menjelekan. “DPD tidak boleh buat masalah kebawah apalagi komplik….jadi hilangkan yang namaya menajeman komplik,” ungkapnya.

Dikatakan, PDIP akan membuat beberapa badan agar partai berkembang tidak mandeg. Diantaranya adalah Bapilu, Balitbang, Badan Pandidikan dan Latihan, Badan Saksi Nasional, Badan Ekonomi Kerakyatan dan Badan penaggulangan Bencana, imbuh Koster. Diakui pula kalau badan itu sudah ada namun tidak berjalan maksimal. Badan-badan itu wajib terisi dan tidak boleh dirangkap. ” kalau sudah memegang badan satu jangan sampai merangkap, ” ujarnya. Kalau sampai ada yang merangkap kapan Partai akan
berkembang, imbuhnya. SUS-MB