Badung Gelar Pelatihan dan Penyegaran Pasukan Pemadam Kebakaran
Mangupura (Metrobali.com)-
 
            Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) tidak pernah berhenti melakukan inovasi guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta disiplin pasukan pemadam kebakaran. “Kegiatan penyegaran pasukan damkar ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang intinya untuk meningkatkan kedisiplinan anggota damkar agar lebih disiplin dari sebelumnya,” Demikian antara lain diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Badung, I Gst. Nyoman Adnyana saat memberikan pengarahan kepada anggota damkar Badung sebelum melaksanakan penyegaran pasukan, Selasa (24/2) di Pos Damkar Puspem Badung. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran pejabat Damkar Badung serta pelatih dari Pusdiklat penanggulangan Kebakaran dan Penyelamat Prov. DKI Jakarta.
Kadis Damkar Badung I Gst. Nyoman Adnyana mengatakan, dalam pelatihan penyegaran ini  dititik beratkan pada sikap mental kedisiplinan anggota damkar. “Dengan meningkatnya kedisiplinan anggota damkar diharapkan juga diikuti dengan meningkatnya pengetahuan serta ketrampilan yang ujungnya dapat meningkatnya performa damkar Badung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat tertimpa musibah kebakaran,” katanya.
Lebih lanjut I Gst. Nyoman Adnyana menambahkan, sebelum pelatihan penyegaran anggota damkar ini, damkar Badung telah melaksanakan pelatihan dan penyegaran kepada Operator dan para Sopir Pemadam Kebakaran pada tanggal 9 Pebruari 2015, yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan operator dan supir damkar. “Tugas seorang  sopir damkar itu sangat berat selain bertugas mengemudikan mobil damkar sampai tempat kejadian kebakaran sesuai dengan ‘time responsif’ yakni 15 menit dari menerima telpon kejadian kebakaran sampai tkp, juga bertugas memeriksa kondisi mobil seperti rem, minyak dan air dalam tangki,” tambahnya
Sementara itu salah seorang pelatih dari Pusdiklat penanggulangan Kebakaran dan Penyelamat Prov. DKI Jakarta, M. Tasor menyampaikan untuk pelatihan penyegaran ini, pasukan damkar Badung akan dilatih tentang taktik dan strategi pemadaman kebakaran, standar operasional pemadaman serta medical first responder. “secara personal damkar Badung sudah menunjukkan semangat  kekompakannya dalam mengikuti materi. Namun ada yang perlu dipertimbangkan kelengkapan peralatan pelindung seperti masih kurangnya alat pelindung pernafasan yang mutlak diperlukan saat terjadi kebakaran besar,” sarannya.
Untuk Tahun 2015 ini Damkar Badung akan mendapat bantuan 5 unit mobil pemadam kebakaran dari pemerintah kabupaten Badung. Penambahan armada ini untuk memenuhi formasi 5 mobil damkar di induk, 3 unit mobil damkar di UPT dan 2 mobil di pos jaga. RED-MB