Denpasar (Metrobali.com)-
Walikota Denpasar IB. Rai Dhamawijaya Mantra menghadiri pembukaan Youth Speak Fun Day, Sabtu (22/9) di Taman Budaya Art Centre Denpasar. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Chevron dengan Yayasan The Jakarta Post dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI  dibuka Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Hamid Muhammad.
Yout Fun Day merupakan puncak acara kegiatan Kemitraan Pendidikan serangkaian kompetisi-kompetisi Bahasa Inggris seperti Student Debate, Spelling Bee, Writing Competition, News Reading, Song Lyric Competition, Photography Competition dan beragam aktivitas lainnya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kota Denpasar dan seluruh jajarannya dengan melibatkan tidak kurang 4000 siswa SMA dan SMK se Kota Denpasar.
“Kami sangat mendukung kegiatan Youth Speak Fun Day ini, yang merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan positif bagi siswa sekolah menengah dan generasi muda di Kota Denpasar. Apalagi Denpasar yang merupakan Kota international sudah sepatutnya kemampuan berbahasa Inggris di kalangan anak-anak sekolah terus ditingkatkan. Dalam kemajuan jaman yang mengglobal ini, kemampuan dan penguasaan bahasa Inggris menjadi kebutuhan yang mutlak bagi pelajar dan pemuda, sehingga nantinya dapat bersaing dalam memasuki dunia kerja, baik ditingkat regional maupun international,” kata Rai mantra.
Sementera itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. H. M. Nuh dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirjen Pendidikan Menengah mengatakan, kemitraan akan membantu memperbaiki tingkat kemampuan berbahasa Inggris siswa Indonesia dan juga meningkatkan pengetahuan siswa tentang media dan persoalan-persoalan terkini.
“Penting kiranya bagi siswa untuk memahami apa yang dikatakan oleh perushaan media dalam publikasinya karena hal ini akan membentuk sikap mereka terhadap sebuah berita,” katanya. Di era globnalisasi tambah dia, kemahiran berbahasa asing khususnya bahsa Inggris adalah faktor kunci bagi pemuda Indonesia untuk bisa berkompetisi di panggung international. “Seperti tercermin dalam slogan Pendidikan adalah jembatan emas kemasa depan, maka kemampuan berbahasa Inggris dapat dijadikan jendela sekaligus jembatan bagi kaum muda untuk belajar berbagai pengetahuan dan ketrampilan,” katanya.
Sementara Ketua Yayasan The Jakarta Post Yulia Herawati mengatakan kegiatan Youth Speak Fun Day adalah merupakan program sumbangsih bagi upaya-upaya pemerintah dalam memperbaiki pendidikan nasional. “Kami akan terus mensinergikan program dengan berbagai lembaga, sehingga kemampuan berbagasa Inggris dikalangan siswa akan semakin baik,” katanya. DEWA-MB