nurdin halid

Denpasar (Metrobali.com)-

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengharapkan forum koperasi multilateral International Co-operative Alliance Asia Pacific (ICA AP) dapat fokus untuk menerapkan konsep koperasi maritim menuju kesejahteraan merata berbasis kelautan dan kelestarian lingkungan.

“Kami menawarkan konsep koperasi maritim di dalam forum koperasi multilateral kali ini sehingga konsep ini dapat diterima oleh anggota forum dan mereka bisa menerapkan di masing-masing negara mereka” kata Nurdin di sela-sela acara forum koperasi multilateral yaitu “11th ICA Regional Assembly” dan “8th Asia Pacific Co-operative Forum 2014” di Nusa Dua, Bali, Kamis (18/9).

Menurut dia, konsep koperasi maritim akan menguntungkan negara-negara di kawasan Asia Pasifik terutama Indonesia yang negaranya banyak terdiri dari perairan.

“Konsep koperasi maritim adalah mendayagunakan potensi alam untuk kemakmuran tapi tidak mengeksploitasinya habis-habisan, tetapi diimbangi dengan konservasi alam,” kata Nurdin.

Koperasi, masih kata mantan ketum PSSI, mengusung asas kebersamaan dalam meraih kesejahteraan. Maka dari itu, apabila para pelaku koperasi meraih kesejahteraan tentu didapatkan secara bersama-sama dan merata. Dengan begitu, sikap ketamakan dapat dibendung karena setiap anggota koperasi telah sejahtera.

Menurut Nurdin, dunia kini tengah terancam krisis energi, pangan dan pemanasan global. Maka koperasi maritim dapat menjadi solusi untuk ancaman krisis itu.

“Ketika nelayan, petani, pekebun serta peternak dapat mencapai kesejahteraan dari usaha mereka berkoperasi maka mereka akan menentang keras setiap upaya eksploitasi SDA yang sistemik dan masif. Mereka tidak akan pernah mau menjual tanah, hutan, daerah pesisir pantai mereka demi anak cucu,” katanya.

“Dekopin melihat, konsep koperasi maritim mendorong kita agar memelihara, mempertahankan dan merawat ekosistem negara. Jadi apapun pembangunan harus mempertahankan pada ekosistem negara. Itulah kenapa kita tawarkan kepada negara-negara peserta forum,” katanya. AN-MB