Jembrana (Metrobali.com)-
Jelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana bakal memiliki gedung baru. Gedung berlantai dua di Jalan Udayana saat ini sudah rampung hanya menyisakan pembangunan Padma disisi timur bangunan induk.
Pembangunan gedung KPU Jembrana menjadi atensi Bupati Jembrana I Nengah Tamba dengan meninjau langsung ke lokasi, Kamis (15/12/2022).
“Hari ini kita sudah hibahkan satu unit bangunan gedung kepada KPU Jembrana” ujar Bupati Jembrana I Nengah Tamba ditemui seusai meninjau gedung KPU didampingi Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gede Tangkas Sudiantara, Kamis (15/12/2022).
Pembangunan gedung baru kata Bupati Tamba, karena seperti diketahui dari dulu gedung KPU (gedung lama) sering kebanjiran saat turun hujan apalagi hujan deras. Dan setiap ruangan yang ada juga sudah tidak memenuhi persyaratan.
Sementara KPU sendiri sambungnya, mencerminkan terbentuknya pemimpin-pemimpin di kabupaten (Jembrana). Sehingga dengan keberadaan gedung baru paling tidak KPU bisa bekerja dengan nyaman.
“Hari ini sudah ada tempat cukup nyaman. Mudah-mudahan dengan gedung baru ini bisa melahirkan alam demokrasi yang sangat luar biasa di Jembrana” harapnya.
Dengan gedung baru lanjutnya, tentunya KPU juga harus bisa bekerja dengan lebih baik sehingga Jembrana semakin menjadi kota demokrasi.
“Gedung kita hibahkan. Kalau Aset semuanya diperuntukan pemanfaatan untuk KPU” ungkap Bupati Tamba.
Dikonfirmasi terpisah Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gede Tangkas Sudiantara mengatakan keinginan untuk memiliki gedung baru merupakan usulan tahun 2022. Karena kantor KPU yang digunakan sekarang sering kebanjiran saat turun hujan terlebih lokasinya lebih rendah dari jalan raya.
Selain itu sambungnya, bangunan gedung yang lama juga sudah tua dan ruangannya juga kurang representatif. “Dengan gedung baru ini tentunya kita harus bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal” ujar Tangkas.
Terkait bangunan yang lama, pihaknya berencana akan mengajukan permohonan sehingga dapat dijadikan gudang. “Berkaca dari pengalaman sebelumnya kami kesulitan mencari gudang dengan luas yang memadai. Tapi ini baru rencana” tandasnya.
Bangunan KPU Jembrana yang baru rampung dibangun dari informasi berdiri dilahan seluas 3.390 m2 dengan luas bangunan 447 m2. Gedung dengan anggaran Rp.1,4 miliar lebih ini berdiri dilahan yang sebelumnya digunakan untuk latihan Pitbul. (Komang Tole)