Mangupura (Metrobali.com)-

Penataan dan Revitalisasi Kawasan Taman Ayun, Mengwi kembali akan dilanjutkan di tahun 2012. Direncanakan sejumlah penataan akan dilakukan dengan pembiayaan dari Pemerintah Pusat. Hal tersebut terungkap saat Satuan Kerja (Satlak) Provinsi Bali R. Agung didampingi konsultan Wayan Wija melakukan presentasi rencana penataan tersebut kepada Bupati Badung Anak Agung Gde Agung,SH, Rabu (14/12) di Puspem Badung.
Presentasi tersebut juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Badung Ir. Dewa Made Apramana, Staf Ahli Dewa Made Putra, MSi, Kadis Cipta Karya Ir. Ni Luh Putu Desy Damayanty, MT, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja I Ketut Martha SH, Camat Mengwi  Drs. Ida Bagus Oka Dirga, Perbekel Mengwi, LPM Mengwi serta pejabat terkait lainnya.
Dalam kesempatan tersebut Wayan Wija sebagai konsultan yang juga krama Mengwi menyampaikan, pekerjaan penataan revitalisasi kawasan Taman Ayun untuk rencana tahun 2012 akan dilaksanakan tujuh buah pekerjaan meliputi; Rencana Pasar Seni, perbaikan Pagar Reling, Rencana Perbaikan Ayunan Jantra, Penataan Kolam Jantuk Angsa, Penataan Pancoran Bengu, Planter Box dan Streat Furniture. Demi lancarnya pelaksanaan rencana penataan tersebut, pada kesempatan itu Wayan Wija meminta masukkan dari pemerintah Kabupaten Badung. Ia juga berterima kasih atas dukungan Pemkab Badung yang mana penataan kawasan Taman Ayun pada tahap-tahap sebelumnya sudah berjalan dengan baik.
Sementara Bupati Gde Agung menyampaikan, pada hakekatnya Pemerintah Kabupaten Badung menyetujui rencana pelaksanaan penataan kawasan Taman Ayun di tahun 2012. Namun diharapkan pelaksanaan penataan tersebut tidak mengganggu aktivitas kawasan Taman Ayun sebagai salah satu obyek tujuan kunjungan wisata baik domestik maupun manca negara. Selain rencana penataan tujuh pekerjaan tersebut, Gde Agung juga mengusulkan dalam estetika penataan kegunaan bangunan agar diberikan ruang untuk taman bencingah sebagai pendukung keindahan Kawasan Taman Ayun.