Mangupura (Metrobali.com)-
 
            Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak nomor 3 di dunia setelah kanker payudara. Kanker ini sering disebut juga “Silent Killer” karena perkembangan kanker ini sangat sulit dideteksi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung Dr. I Gede Putra Suteja disela-sela pelaksanaan vaksinasi Kanker serviks untuk karyawati di Pemerintahan Kabupaten Badung, di ruangan Bagian Umum Setda kabupaten Badung, Kamis (25/7).
            Dr, Suteja menambahkan, Kanker serviks merupakan jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya yakni “Human Paviloma Virus (HPV) sehingga untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.  Lebih lanjut, rajin melakukan pap smear setiap 2 tahun  serta melakukan vaksinasi HPV.
            Sementara itu Ketua YKI Cabang Badung Nyonya Ratna Gde Agung menyampaikan Kanker serviks merupakan “Silent Killer”, untuk itu Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kesehatan Badung dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Badung memiliki komitmen yang kuat serta langkah nyata melakukan tindakan pencegahan terhadap kanker serviks.
“Di Tahun 2012 kita sudah melaksanakan vaksinasi kanker serviks kepada 1500 orang remaja putri kelas X SMAN se Kabupaten Badung. Sementara di Tahun 2013 disamping vaksinasi untuk anak SMA se-Kabupaten Badung,  kita juga melaksanakan vaksinasi kanker serviks untuk karyawati pemerintah Kabupaten sebanyak 1334 orang, “ Ungkap Nyonya Ratna Gde Agung saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di ruang bagian umum setda Kab. Badung.
            Dr Elly Swandewi Murti, M.Kes mengatakan tujuan dari vaksinasi serviks ini, untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks sehingga diharapkan derajat kesehatan masyarakat meningkat, Disamping itu pula dengan memberikan vaksinasi, diharapkan tubuh bisa kebal terhadap virus HPV sehingga dapat terhindar dari penyakit kanker serviks. Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan sebanyak 3 kali suntikan dengan interval vaksinasi pertama dengan vaksinasi kedua 1 bulan dan interval vaksinasi kedua dan ketiga 4 bulan.
            Vaksinasi Kanker Serviks untuk Tahun 2013 ini dilaksanakan serentak di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung dengan menyasar golongan I, II dan THL, sementara karyawati tingkat kecamatan di lakukan di puskesmas induk masing-masing kecamatan. Untuk siswa akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. PUT-MB