Mangupura (Metrobali.com)-

Pemuda mempunyai peranan penting sebagai salah satu penentu dan subyek bagi tercapainya tujuan nasional, karena hal tersebut maka pemuda harus mampu berperan aktif sebagai garda terdepan dalam proses perjuangan, pembaharuan dan pembangunan bangsa. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta didampingi anggota DPRD Kab. Badung I Wayan Tana, saat membuka sarasehan wawasan kepemudaan serangkaian dengan peringatan HUT Mangupura ke 3 bertempat di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (6/11). Hadir pula dalam kesempatan tersebut para camat se-Kabupaten Badung, para Lurah dan perbekel se-Badung  serta para peserta sarasehan.

Wabup Sudikerta juga menambahkan bahwa sarasehan ini agar bisa dijadikan medium untuk pelayanan kepemudaan yang dilaksanakan sesuai dengan karakteristik pemuda yaitu memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, tanggungjawab dan ksatria serta memiliki sifat kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis, dan futuristik. Kegiatan seperti ini hendaknya dapat dilaksankan secara berkesinambungan agar menumbuhkan patriotisme, dinamika, budaya prestasi dan semangat profesionalitas, meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, dan kiranya sarasehan ini bisa dijadikan media untuk merevitalisasi semangat dan peran pemuda dalam pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pemuda harus senantiasa konsisten dengan upaya-upaya membangun karakter, sehingga mampu untuk menjadi ciri khas pemuda Indonesia. “Letakkan pemuda sebagai bagian utama dan arus utama pembangunan nasional karena pemuda merupakan potensi strategis bangsa”ucapnya.

Disisi lain Kepala Bagian Adm.Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Badung A.A. Ngr. Rai Yuda Darma melaporkan bahwa  sarasehan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan para pemuda sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan peran sertanya dalam pembangunan di masyarakat.sarasehan diikuti oleh 120 orang peserta yang berasal dari perwakilan masing-masing karang taruna di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Badung. Tenaga pengajar/instruktur terdiri dari unsur Disdikpora Provinsi Bali, Disdikpora Kabupaten Badung serta DPD karang taruna kabupaten Badung. IKA-MB

Baca Juga :
Golkar Bali Gelar Pelatihan Petani Milenial, Geliatkan Pertanian dan Cetak Wirausaha Baru Hadapi Pandemi