Program Udayana Mengabdi: Peningkatan SDM dan Pemasaran UMKM Kerajinan Kayu Berbasis IPTEK pada UMKM Kerajinan Desa Petulu Ubud

Metro Bali
single-image

Foto: Program Udayana Mengabdi pendampingan dan pemberdayaan UMKM di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Gianyar (Metrobali.com)-

Program Udayana Mengabdi merupakan program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya menyelesaikan persoalan atau memenuhi kebutuhan masyarakat yang kehidupannya tidak berorientasi pada profit yang merupakan bagian dari Program Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LP2M) khususnya di bidang Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana.

Dalam hal ini mitra Program Udayana Mengabdi dengan ketua pelaksana pengabdian adalah Made Agung Raharja.,SE,Ak,S.Si.,M.Cs dari Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA) yang akan mendampingi  Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Saat ini di Kecamatan Ubud hampir memiiki perusahaan perorangan atau yang tergolong UMKM yang paling banyak diantara daerah lainya.

Dalam penerapan Program Udayana Mengabdi (PUM) ini terdapat  mitra yang didampingi berlokasi di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jenis UMKM yang dimiliki  mitra tersebut adalah UMKM Kerajinan Kayu.

Kegiatan PUM pada tahun ini melakukan beberapa kegiatan pendampingan dan pelatihan yang digunakan pada pemberdayaan UMKM untuk jenis usaha Kerajinan tanya dengan bahan dasar kayu adalah metode partisipatif yang diintegrasikan dengan kearifan lokal.

Kegiatan berupa pendampingan dan bimbingan dalam pemanfaatan dan penerapan IT /teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan oleh UMKM sebagai mitra.

Penerapan aplikasi teknologi yang digunakan  adalah teknologi E-Commerce dengan menggunakan media internet yang merupakan aplikasi jual beli online berbasis website yang didamping oleh Ketua Pelaksana dari Ps.Informatika dan dibantu oleh I GN Lanang Wijayakusuma, S.Si., M.Kom.

Dilakukan pula pelatihan dan pendampingan Manajemen usaha UMKM dalam hal pengelolaanUsaha UMKM dan  keuangan serta aset UMKM dengan mengunakan aplikasi komputer, yang diberikan oleh Prof. Dr. Made Suyana Utama, S.E.,M.S dari FEB. Pendampingan kemampuan Bahasa Inggris  dibimbing oleh Dr. Yohanes Kristianto, S.Pd. M.Hum.

Baca Juga :
Manjakan Pengunjung Mall Level 21, Denpasar, Lois Jeans Berikan Diskon Hingga 70 Persen

Dengan metode yang partisipatif luaran yang diharapkan dari kegiatan PUM ini adalah  Peningkatan keterapilan pemasaran UMKM dalam hal penggunaan teknologi informasi berbasis internet dengan menggunakan aplikasi  online e-commers.

Peningkatan kemampuan manajemen usaha UMKM dan dalam hal pengelolaan keuangan serta pengelolaan  aset UMKM. Pengembangan usaha UMKM ke arah usaha ekonomi produktif yang berbasis teknologi informasi untuk menjaga keberlanjutan pendapatan dan diversifikasi usaha. (dan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.