Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menjelang Musim Penghujan, Bibit Durian Bangkok Kane Diburu Konsumen

Metro Bali
single-image

Menjelang Musim Penghujan, Bibit Durian Bangkok Kane Diburu Konsumen

Buleleng, (Metrobali.com)-
Mangku Gede Budarasa (58) sipenjual bibit tanaman holtikultura di Banjar Dinas Suwug Kelodan, Desa Suwug, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali mengaku bibit durian bangkok kane paling diburu konsumen.
Perharinya bisa terjual hingga 500 bibit.”Permintaan durian kane ini hingga keluar Bali. Saya mengirim bibit ini ke daerah Surabaya, Jawa Barat, Lombok dan Kalimantan.” ungkapnya saat ditemui metrobali.com, disela-sela kesibukannya melayani pembeli pada Kamis (21/11) sore.

Dari pantauan metrobali.com saat jalan-jalan disepanjang jalan Desa Sinabun, Suwug maupun Desa Sudaji tampak terlihat dikiri dan dikanan jalan para penjual bibit menjajakan berbagai tanaman buah-buahan dengan rapi. Baik itu bibit durian, lengkeng, mangga, jeruk, manggis, jambu jamaica serta bibit sawo. Malahan ada juga tanaman hias.

Menurut Mangku Gede Budarasa meningkatnya permintaan konsumen terhadap bibit tanaman holtikuktura ini, disaat menjelang akan memasuki musim penghujan.”Pada umumnya permintaan terhadap bibit ini dimulai pada bulan agustus, menjelang musim penghujan.” jelas Budarasa.”Terutama untuk bibit durian bangkok kane yang banyak diburu konsumen.” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan meningkatnya permintaan terhadap bibit durian bangkok kane, disamping sudah dikenal banyak orang, jika ditanam tidak mudah terserang hama penyakit.
Dan juga saat panen buahnya lebih laku dijual dipasaran dengan hasil jual yang lumayan. “Bibit durian kane laku dijual, tergantung dari usia bibit, juga dari segi penampilan dan faktor kematangan batang.” ujarnya.”Harga bibit disesuaikan untuk ukuran kecil berkisar Rp 15 ribu dan untuk ukuran besar capaiannya hingga Rp 100 ribu lebih perbibit, mengingat untuk ukuran besar usianya 5 bulan sampai 6 bulan.” urai Budarasa.

Banyak jenis bibit durian yang dijual. Diantaranya durian lokal Bali, durian merah, bokor dan jenis durian lainnya. Namun ada durian terbaru yang juga mulai ramai peminatnya, yakni bibit durian kaki ganda.”Durian ini tumbuh dengan satu batang, dan kakinya banyak ketika tumbuh lebih dari dua kali.” tukasnya. GS

Bagikan :
Baca Juga :
Alumni IPB Beberapa Kali Disiksa Sebelum Dibunuh

Leave a Comment

Your email address will not be published.