Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Dewa Oka Tuntaskan Peresmian Manca Agung di 9 Kabupaten Kota Se-Bali

Metro Bali
single-image

Peresmian Sekretariat Manca Agung Kabupaten Jembrana di hadiri Wakil Bupati Jembrana dan Ketua DPRD Jembrana, Minggu 8 September 2019.

Jembrana (Metrobali.com)-

Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung menuntaskan peresmian sekretariat di Seluruh Kabupaten Kota Se-Bali, minggu 8 September 2019. Peresmian Sekretariat Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung di Kabupaten Jembrana adalah yang terakhir dari 9 kabupaten kota se Bali, sehingga di seluruh Kabupaten Kota Se Bali telah terbentuk sekretariat Manca Agung.

Peresmian Sekretariat Manca Agung di Kabupaten Jembrana didahului dengan pelantikan pengurus Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung Kabupaten Jembrana oleh Dr.Drs.I Dewa Nyoman Oka,M.Pd selaku Pengageng Ageng Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Surat Keputusan Sabha Walaka Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung Kabupaten Jembrana yang dibacakan oleh Penyarikan Ageng menunjuk Dewa Putu Merta Yasa selaku Pengageng (Ketua) di Kabupaten Jembrana. Pelantikan ditandai dengan pemasangan PIN Manca Agung dan penyerahan SK oleh Pengageng Ageng Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

Dalam Sambutannya Dewa Oka menyampaikan bahwa Pasemetonan Manca Agung hanya berhulu ke Pura dan bukan ke rumah perseorangan sesuai dengan Bhisama Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung yang memerintahkan Manca Agung untuk tetap bhakti ke linggih Ida Dhalem Wawu Rauh (Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan selaku cudamani pulau Bali) di Pura Dalem Samprangan dan Pura Besakih. Selain bhakti ke leluhur, Bhisama juga mengharuskan seluruh trah Manca Agung untuk terus belajar dan mengasah kemampuan diri serta untuk selalu menjaga pasemetonan, mengingat pasemetonan dan saling hormat menghormati.

Baca Juga :
5 Perubahan Gaya Hidup yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

Dewa Oka juga meminta agar pasemetonan di Jembrana untuk menghormati dan menjalankan  isi Bhisama, tetap menjaga komunikasi intern pasemetonan Manca Agung serta antar pasemetonan lainnya yang ada di Jembrana.

Wakil Bupati Jembrana dalam sambutannya mengajak seluruh trah Manca Agung di Kabupaten Jembrana untuk selalu ingat dengan Bhisama leluhur dengan jalan selalu bhakti ke Pura linggih leluhur, menjaga komunikasi dan jangan sampai terbentuknya sebuah ikatan pasemetonan membuat pasemetonan tersebut menjadi ekskusif  sehingga antar pasemetonan terkotak kotak.

Pada sesi kedua, dilakukan peresmian Papan Sekretariat Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung oleh Pengageng Ageng Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung yang sebelumnya dilakukan puja oleh Ida Rsi Bhagawan Nabe Mahacarya trah Ida I Dewa Gedong Artha dari Griya Agung Munggu, Badung, Bali. Peresmian disaksikan perwakilan Pasemetonan Manca Agung di seluruh Kabupaten Kota Se-Bali. Pada kesempatan tersebut, Yowana Manca Agung melaporkan kegiatan dan keuangan sampai dengan bulan agustus 2019. Selanjutnya laporan kegiatan dan keuangan Manca Agung disampaikan oleh Pengraksa Ageng dan Ketua Panitia kegiatan tahun 2019.

Pelantikan dan peresmian sekretariat Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung di hadiri oleh Ida Shri Bhagawan , Wakil Bupati Jembrana, Ketua DPRD Jembrana, beberapa pimpinan OPD Kabupaten Jembrana, PHDI Kabupaten Jembrana, Majelis Desa Adat Jembrana, Camat Mendoyo, Kapolsek Mendoyo, Danramil Mendoyo, perwakilan Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung seluruh Kabupaten Kota se Bali, perwakilan trah arya, pande, pasek di Kabupaten Jembrana dan undangan lainnya.

 

Sumber : Manca Agung

Editor : Whraspati Radha

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.