Daging Kurban Diperiksa, Ratusan Ekor Sapi dan Kambing Dipotong di Jembrana

Metro Bali
single-image

 

Jembrana (Metrobali.com)-

Ratusan ekor hewan kurban seperti kambing dan sapi dipotong bertepatan dengan hari raya Idul Adha, Jumat (31/7). Pemotongan dilakukan disejumlah Masjid di Kabupaten Jembrana dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Data dari Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana hingga pukul 11.00 Wita sebanyak 107 ekor sapi dan 196 ekor kambing dipotong sebagai hewan kurban. Di Kecamatan Melaya sebanyak 51 ekor sapi dan 63 ekor kambing yang dipotong dan di Kecamatan Negara 17 ekor sapi dan 43 ekor kambing.

Sedangkan di Kecamatan Jembrana10 ekor sapi dan 21 ekor kambing dan Kecamatan Mendoyo 10 ekor sapi dan 30 ekor kambing serta di Kecamatan Pekutatan sebanyak 19 ekor sapi dan 39 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan disejumlah Masjid disetiap kecamatan. Seperti di Masjid Adda’wah di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana.

Di hari raya Idul Adha ini ada 19 ekor kambing dan 5 ekor sapi yang dipotong di Masjid ini. Dagingnya selanjutnya dibagikan kepada lebih dari 800 kepala keluarga (KK).

Sebelum dipotong, kondisi hewan kurban diperiksa petugas. Selain itu petugas dari kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner juga memeriksa daging hewan kurban.

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, Gede Adhi Adnyana mengatakan pemeriksaan pada hewan kurban meliputi mata, hidung dan mulut serta alat kelamin hewan.

“Setelah dipotong, kami juga memeriksa jeroan dari hewan kurban seperti paru dan hati” ujar Adnyana di Masjid Adda’wah, Jumat (30/7).

Pemeriksaan dilakukan guna memastikan hewan kurban yang akan dipotong tidak terpapar penyakit menular atau sakit. Namun dalam kondisi sehat sehingga dagingnya layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga :
Bos ISIS seru kacaukan Saudi dan serang Israel

“Di Masjid ini (Adda”wah), tadi setelah diperiksa kondisi semuanya (hewan kurban) sehat” ujarnya. (Komang Tole)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.