Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Buka Gebyar Tari Bali : Agung Bharata Harap Gianyar Bisa Lahirkan Lebih Banyak Maestro Tari

Metro Bali
single-image

Gianyar (Metrobali.com)- 
Sebanyak 304 penari mengikuti Gebyar Tari Bali yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar Sanggar Widya Buana Aga, Desa Belega dibalai Budaya Gianyar, Minggu (3/3).
Ketua Panitia penyelanggara, I Komang Elen Juniadi, menjelasakan, lomba ini merupakan rutin tahunan yang diadakan sanggar. Untuk kegiatan kali ini, merupakan kali keenam sejak dimulai tahun 2007. Gebyar tari ini dimaksudkan untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan seni budaya, penyaluran minat dan wadah seniman muda berkreasi. Hal yang membangkan baginya karena setiap tahunnya animo peserta makin meningkat.
“Tahun lalu tercatat ada 254 peserta sekarang jumlahnya mencapai 304, ini tentunya merupakan keberhasilan bagi kami sebagai pihak penyelanggara,” ungkap Elen.
Bupati Gianyar, Agung Bharata membuka gebyar tari, didampingi, Wakil Ketua DPRD, Plt Sekda, Ketua Listibya Gianyar ditandai dengan pemukulan Gong.
Dalam sambutannya Agung Bharata menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah mengadakan gebyar tari. Hal ini merupakan bentuk dukungan sanggar dalam rangka mengembangkan dan melestarikan seni, khususnya seni tari di Kabupaten Gianyar.
Agung Bharata menambahkan, dirinya bersama Listibiya Gianyar akan merancang agar penganggaran dan langkah-langkah nyata pelestarian seni di Kabupaten Gianyar dapat lebih ditingkatkan. Bila pendidikan mendapat prioritas anggaran hingga 20 persen, setidaknya seni dan budaya di Kabupaten Gianyar bisa mencapai 7 persen bahkan lebih.
Hal ini menjadi penting karena Gianyar merupakan Kabupaten  seni dan budaya. Dengan perhatian lebih kepada seniman diharapkan seniman di setiap level dapat berkreasi dan melahirkan karya masterpiece dan Gianyar bisa lebih banyak melahirkan maestro seni.
mellaui lomba seperti ini, melibatkan anak-anak usia dini, sangat efektif untuk langkah pelestarian seni tari dan tabuh di Kabupaten Gianyar. Agung Bharata berharap kegiatan dapat terus dilaksanakan rutin, dan kualitasnya terus ditingkatkan.
Lomba tari dibagi dalam tiga katagori, yakni katagori A, umum 5-9 tahun, Tari Puspanjali, 103 peserta, Bari Tunggal 1 babak, 32 peserta. Katagori B, umur 10-13 tahun, Tari Condong, 69 peserta, Baris Tunggal 2 Babak 42 peserta, Margepati, 31 peserta. Katagori C, umur 14-17 tahun, Tari jauk Jauk Keras 14 peserta, Tari Tenun, 13 peserta. TRA-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Polisi Kejar Pengendara RubiconTabrak Panitia Lari Marathon

Leave a Comment

Your email address will not be published.