Banyak Perlakuan Tidak Manusiawi Terhadap Anak Cacat

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Forum Anak Daerah Provinsi Bali menilai cukup banyak perlakuan tidak manusiawi terhadap anak berkebutuhan khusus atau cacat di daerah tersebut.
“Perlakuan tidak manusiawi itu masih cukup banyak ditemukan di kawasan perdesaan,” kata Wahyu Adi Raditya selaku badan pengawas Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Bali, di sela-sela aksi penggalangan dukungan untuk menghapuskan diskriminasi terhadap anak cacat, di Denpasar, Minggu (10/2).

Penyebab dari perlakuan didasari rasa malu keluarga karena menilai apa yang dialami anaknya atau saudaranya merupakan aib.

Tidak jarang ada anak berkebutuhan khusus disembunyikan dengan cara dipasung di suatu tempat untuk menghilangkan rasa malu keluarga.

“Kami merasa prihatin atas perlakuan diskriminatif tersebut dan ini harus segera dihilangkan. Oleh karena itu kami menggalang aksi ini untuk mendapat dukungan dari masyarakat,” ucapnya.

Dia mengatakan, namun untuk di wilayah perkotaan sebagian besar masyarakatnya sudah dapat memperlakukan lebih baik dengan menyekolahkan anak tersebut di sekolah khusus.

Akan tetapi terkadang perlakuan yang diterima masih juga terlalu berlebihan sehingga anak-anak itu merasa tidak seperti rekannya yang normal.

Padahal mereka pun ingin diperlakukan layaknya anak normal lainnya yang memiliki potensi dalam berbagai bidang.

“Akibat perlakuan terlalu berlebihan itu membuat potensi yang dimiliki si anak menjadi tidak berkembang,” ucapnya.

Menurut dia, seharusnya anak-anak berkebutuhan khusus pun dapat diberlakukan seperti rekannya yang normal dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk mengembangkan bakatnya. INT-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Menteri PU : Sebagian Tol Trans-Sumatera Beroperasi 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published.