Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Antisipasi Pilkada, Polres Tabanan Siapkan 668 Personil

Metro Bali
single-image

Ratusan personil Polres Tabanan menggelar Apel Operasi Mantap Praja

Ratusan personil Polres Tabanan menggelar Apel Operasi Mantap Praja 2015, Sabtu (3/10).

Tabanan (Metrobali.com)-

Ratusan personil Polres Tabanan menggelar Apel Operasi Mantap Praja 2015, Sabtu (3/10). Apel ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang di wilayah hukum Polres Tabanan.

‘’Apel Operasi Mantap Praja 2015 Apel ini juga dikaitkan dengan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang,” kata Kapolres Tabanan AKBP Putu Putra Sadana kepada Metro Bali.

Selain memberikan dan menjamin rasa kenyamanan bagi masyarakat Tabanan, g‎Gelar pasukan yang dilaksanakan tersebut adalah untuk melakukan pengecekan kesiapan dari pasukan pengamanan Pilkada.

Menurutu Kapolres Tabanan, pengecekan kesiapan dilakukan meliputi kesiapan personil, sarana prasarana, anggaran, maupun metode atau cara bertindak di lapangan. “Kita juga mengecek kendaraan roda dua dan roda empat. Selain itu, kita juga mengecek kendaraan roda enam untuk alat angkut pasukan dan alat-alat Dalmas. Semua sudah siap,”tegasnya.

Dirinya menambahkan, Polres Tabanan sudah mempersiapkan sebanyak 668 orang personil untuk 779 TPS yang ada diseluruh Kabupaten Tabanan. “Dan kita sudah siap mulai dari tahapan awal sampai pelantikan pada tahun 2016,” katanya.

Pada gelar pasukan itu, Kapolres juga memeriksa persiapan personil yang akan terlibat pemilukada. Operasi ini dilaksanakan berlandaskan prinsip keterpaduan antar fungsi opsnal dengan mengedepankan fungsi pencegahan, intelejen dan penegakan hukum yang didukung oleh fungsi terkait dan mitra kamtibmas lainnya.

Selain itu, lanjut Kapolres operasi ini juga mencakup pelaksanaan masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara.

Dihimbau kepada seluruh lapisan masyarkat agar senantiasa berkerjasama untuk menjaga keamanan di wilayah Tabanan dalam perhelatan Pilkada 9 Desember 2015 nanti. Jika ada masalah masyarkata diminta untuk bekerja sama dengan aparat dan melaporkan hal itu ke pihak berwajib.

Baca Juga :
Hatta Rajasa Lebih Cocok Dampingi Prabowo

‘’Untuk di internal kami juga himbau siap untuk menjaga dan mengamankan jalannya Pilkada. Begitu juga kepada masyarakat supaya saling membantu dan bekerja sama untuk mengamankan serta menjaga situasi Kamtibmas,” imbuhnya.

‎Pada kesempatan itu, Kapoles Tabanan minta kepada seluruh jajarannya bersikap netral. ‘’Sikap netralitas ini harus dimiliki oleh seluruh jajaran Polres Tabanan. Dan kita sudah berpedoman kepada UU Kepolisian Indonesia, kita tentunya netral dan tidak ada keberpihakan,” tegasnya.

Pada sisi lain, Kapolres Tabanan yang baru menjabat ini juga mengajak seluruh Ormas yang ada di Tabanan untuk ikut mensukseskan Pilkada nanti. Terkait kemungkinan keterlibatan Ormas dalam Pilkada nanti, pihaknya mengaku akan memberikan sanksi tegas apabila terbukti melakukan pelanggaran.

”Itu kita sesuaikan dengan perundang-undangan yang ada. Dan kita lakukan penyidikan dan kita lihat jenis pelanggarannya, apabila terbukti maka akan kami tindak. Maka marilah kita ikut sukseskan Pilkada nanti berjalan dengan aman dan damai, “jelas mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat ini. EB-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.