Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

137 Tahun Setelah Konstruksi Dimulai, Gereja Spanyol Baru Dapat IMB

Metro Bali
single-image

Para wisatawan berkumpul di depan Gereja Sagrada Familia yang dirancang oleh arsitek Antoni Gaudi di Barcelona, Spanyol, 27 Januari 2017.

Setelah konstruksi berjalan selama 137 tahun, dan diawasi oleh 10 arsitek, salah satu tujuan wisata Spanyol akhirnya memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB).

La Sagrada Familia, karya modernis Barcelona, mendapat izin setelah melalui birokrasi yang bisa dikatakan sangat lamban.

Janet Sanz, kepala perencanaan Kota Barcelona, mengatakan dewan kota akhirnya berhasil “mengatasi anomali sejarah di kota itu — bahwa monumen penting seperti Sagrada Familia… tidak punya IMB, bahwa bangunan itu didirikan secara ilegal.”

Yayasan Sagrada Familia berharap akan menyelesaikan pembangunan pada 2026, bertepatan dengan 100 tahun kematian arsitek utama Antoni Gaudí.

Meskipun konstruksi gereja neo-Gothic itu dimulai pada 1882, pihak berwenang baru menyadari pada 2016 bahwa bangunan itu tidak pernah memiliki IMB. Padahal, Gaudi pernah mengajukan permohonan untuk mendapatkan izin.

Gaudi meninggal dunia akibat ditabrak kereta ketika salah satu sisi gereja baru selesai dibangun.

Sejak itu, sepuluh arsitek melanjutkan pekerjaannya, berdasarkan model dari gipsum buatan Gaudi dan foto-foto dan publikasi dari gambar aslinya. Gambar aslinya hancur dalam kebakaran semasa Revolusi Spanyol.

Setiap tahun lebih dari 4,5 juta orang mengunjungi basilika yang dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2005. [vm]

Sumber : VOA Indonesia

Bagikan :
Baca Juga :
Dua Tersangka PNS, Mungli Kapal Asing Diserahkan ke Kejati Bali

Leave a Comment

Your email address will not be published.