Foto : Donor darah di Yonif Mekanis 741/GN, Jembrana. (Mang Tole/Metro Bali)

Jembrana (Metrobali.com)-
Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara menggelar kegiatan donor darah, Sabtu (24/3). Diikuti puluhan anggota pelaksanaan donor darah dilakukan di Aula Serbaguna Yonif Mekanis 741/GN di Jalan Udayana, Kota Negara.
“Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian acara HUT ke-3 Yonif Mekanis 741/GN yang jatuh pada tanggal 25 Maret 2018 besok” ujar Wadanyon Yonif Mekanis 741/GN, Kapten Inf. Zulhiardi didampingi Kapten Inf. Arman Adi Wibowo, Sabtu (24/3). Kapten Zulhiardi seizin Danyon Mekanis 741/GN Letkol Inf. Ruddy Simangunsong mengatakan kegiatan tersebut juga sebagai wujud kepedulian Yonif Mekanis 741/GN dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.
Selain kegiatan donor darah, diusianya yang ke-3 Yonif Mekanis 741/GN ke-3 juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti mengunjungi anak-anak Panti Asuhan, penanaman pohon dan bersih-bersih di Sungai Ijogading yang membelah Kota Negara. Kegiatan sosial sebagai salah satu fungsi teritorial, menurutnya juga dalam rangka mengimplementasikan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI diantaranya pengabdian kepada masyarakat sekitarnya sesuai kondisi terkini.
“Besok kita berziarah ke Taman Makam Pahlawan” imbuh Kapten, Zulhiardi.
Donor darah bekerjasama dengan PMI Jembrana ini diikuti 161 orang diantaranya 107 anggota Yonif Mekanis 741/GN, Persit 38 orang, FKPPI 4 orang dan instansi lainnya masing-masing 3 orang dari Polsek Kota Negara, Basarnas Suddenpom dan Raider. Dari 161 orang atau personil yang mendaftar hanya 73 orang yang dapat mendonorkan darahnya yakni 62 orang diantaranya personil Yonif Mekanis 741/GN.
Selain karena faktor tekanan darah (tensi) tinggi dan rendah serta HB rendah, sebanyak 37 orang pendaftar memenuhi syarat tidak dapat mendonorkan darahnya karena PMI kehabisan alat cek HB. Dari kegiatan tersebut berhasil terkumpul 17 kantong golongan darah A, 21 darah B, 3 darah AB dan 32 kantong darah O.
Pewarta : Mang Tole
Editor : Whraspati Radha
Baca Juga :
Doakan Pilpres Damai, Artha Tangkil ke Pura Kerta Kawat