Canggu (Metrobali.com) –

Xendit, salah satu perusahaan infrastruktur pembayaran dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan “XENSClub“, komunitas resmi penjual online Xendit yang memiliki beberapa program edukatif untuk membantu para anggota komunitas mengembangkan diri serta bisnis online-nya. Penjual online yang bergabung ke dalam XENSClub bisa menikmati beragam akses gratis dan eksklusif, seperti kelas-kelas edukatif (webinar, lokakarya, dsb), akses komunikasi intensif dengan tim Xendit, dan bisa mendapatkan “bocoran” informasi terkait fitur-fitur terbaru Xendit terlebih dahulu.

Kehadiran XENSClub merupakan upaya perusahaan untuk melayani para merchant Xendit, dengan membentuk komunitas solid yang bisa saling membantu dan berbagi pengalaman satu sama lain. Baik penjual online pemula sampai yang pro, semuanya bisa bergabung untuk belajar dan bahkan berkolaborasi bersama – sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan bisnis online mereka di era digital ini.

“Kami percaya bahwa membangun sebuah bisnis adalah hal yang menantang, dan salah satu cara untuk tetap termotivasi adalah dengan memiliki komunitas dimana Anda dapat bertukar pikiran dengan pelaku usaha lainnya. Mereka dapat bertemu rekan-rekan yang menghadapi tantangan serupa untuk berbagi, berkolaborasi, dan belajar dari satu sama lain. Hal inilah yang menjadi fondasi kami dalam meluncurkan XENSClub,” ujar Nafinia Putra, VP of Marketing Xendit.

Dalam acara peluncuran XENSClub tersebut, Xendit juga memaparkan sejumlah tren & tips bagi pelaku UMKM untuk memaksimalkan momen penjualan selama bulan Ramadhan yang sudah semakin dekat.

XENSClub memiliki tiga prinsip utama, yaitu Belajar, Berbagi, Berkembang. Pertama, untuk kebutuhan belajar, Xendit akan menyediakan beragam materi edukatif yang bisa diakses oleh setiap anggota secara gratis, seperti artikel, video, webinar, workshop dan lain lain. Kedua, Xendit juga mengadakan program sesi sharing ilmu dan pengalaman anggota selama menjalankan bisnis online – agar bisa saling menguatkan dan memberikan semangat. Dan untuk berkembang, para penjual online diharapkan dapat menjalin networking melalui kolaborasi dan memperkaya kemampuan diri dengan ilmu yang dipelajari.

Baca Juga :
Pelecehan Agama Hindu Terjadi Lagi, Ketua DPW PSI Bali: Proses Hukum Dikedepankan, Umat Hindu Jangan Terpancing

Kehadiran XENSClub diharapkan bisa menjadi komunitas yang berperan penting dalam era digital, terutama dalam mendorong dan menuntun para pebisnis yang baru saja terjun ke ranah online.

Berdasarkan laporan Google berjudul “Winning Ramadan with Digital 2022”, 21 juta konsumen telah beralih ke belanja online di tahun 2021. Menariknya, kenaikan jumlah konsumen ini terjadi paling banyak di daerah non-urban, yakni mencapai 72%. Melihat hal ini, hampir semua penjual (91%) juga menyatakan akan tetap memasarkan produk secara online dalam lima tahun ke depan.

Di Indonesia sendiri, 87% konsumen menghabiskan lebih banyak waktu berbelanja online dibandingkan dengan sebelum pandemi. Lebih dari 50% transaksi ini dilakukan oleh generasi milenial (25-34 tahun) dan zoomer (15-24 tahun).

Beberapa kategori produk terlaris untuk belanja online adalah: furnitur/perlengkapan rumah, perangkat elektronik, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, serta fashion.Google juga melaporkan bahwa 90% konsumen memilih berbelanja online selama periode Ramadhan.

Untuk membantu para penjual online memaksimalkan penjualan, Xendit juga mengadakan promo #BuatBermakna bagi merchant baru yang mendaftar dan terverifikasi dari tanggal 18 Maret – 18 Mei 2022.

Nantinya, 5 bisnis pada kategori UKM dan Penjual Sosial dengan transaksi tertinggi akan menerima cashback sampai sebesar satu juta rupiah di akhir periode. Bagi para pelaku usaha yang ingin mengklaim cashback, wajib mengklik banner yang tersedia di Aplikasi Xendit Bisnis. Akan terpilih pemenang terpilih juga dengan total hadiah lebih dari Rp50 juta, mulai dari paket umroh, logam mulia emas, paket menginap di Bali, hingga voucher belanja.

 

Xendit adalah perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, mulai dari UMKM, startup, e-commerce hingga perusahaan besar. Xendit memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran, menjalankan marketplace dan banyak lagi, melalui platform integrasi yang mudah dan didukung oleh layanan pelanggan selama 24 jam. Di tengah lanskap pembayaran yang terfragmentasi di Asia Tenggara, Xendit memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dari debit langsung, rekening virtual, kartu kredit dan debit, eWallet, QRIS, gerai ritel, dan cicilan online.

Baca Juga :
Dewa Budjana gelar tur konser di lima kota

Dengan membangun infrastruktur pembayaran digital di Asia Tenggara, Xendit mendorong transformasi digital di kawasan ini dengan mengatasi kebutuhan akses, keandalan, dan peraturan untuk memungkinkan lebih banyak bisnis yang maju dan berkembang. Sebagai startup Indonesia pertama yang lolos dari YCombinator dan didukung oleh investor global dan perusahaan modal ventura di kawasan Asia Tenggara, Xendit mendukung berbagai brand dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara termasuk Traveloka, Wish, dan Grab. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://xendit.co. (hd)