Foto: Pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Bali saat menyerahkan bantuan bibit buah unggul kepada petani.

Denpasar, (Metrobali.com)-

Pertanian Bali mendapatkan momentum bangkit dan bergeliat di masa pandemi Covid-19. Transformasi perekonomian Bali juga diyakini dapat terwujud jika sektor pertanian dalam dibangkitkan menjadi salah satu sektor unggulan.

Hal itu pula yang menjadi keyakinan Partai NasDem Bali dengan komitmen dan taglinenya Bersatu Membangun Bali. “Partai NasDem sangat komitmen dengan tagline Bersatu Membangun Bali, NasDem ingin bersatu membangun perekonomian Bali dan juga membangkitkan pertanian di Pulau Dewata,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bali Nyoman Winatha di Denpasar, Senin (28/2/2022).

NasDem mengajak semua pihak untuk bersama-sama bergandengan tangan memajukan pertanian Bali yang memang terbukti di tengah pandemi Covid-19 ini sektor pertanian mampu bertahan bahkan menjadi alternatif ketika sektor pariwisata tumbang dihantam pandemi. Karena itulah diperlukan spirit Bersatu Membangun Bali, bersatu membangun pertanian Bali.

Di NasDem, spirit Bersatu Membangun Bali sudah diterjemahkan dengan baik. Ada sinergi antara tokoh masyarakat, kader partai dengan petani untuk membangun sektor pertanian.

“Harapan kami kader partai, tokoh masyararakat selalu bersinergi dengan masyarakat sehingga terwujud apa yang mereka butuhkan dan bersama-sama membangun Bali termasuk di sektor pertanian,” harap Winatha.

Ia menegaskan di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian perlu mendapat perhatian serius dan dibangun lebih serius lagi. Karena selama ini Bali sudah terlena dengan pariwisatanya dan sekarang pariwisata sedang lesu sangat terdampak pandemi.

“Karenanya sektor pertanian mampu mendukung ekonomi Bali perlu kita perhatikan lagi,” ungkap Winatha lantas menegaskan komitmen NasDem membangun pertanian Bali dari hulu ke hilir.

Di hulu NasDem membantu petani dengan menggulirkan berbagai program seperti bantuan ribuan bibit buah unggul yang sudah disalurkan kepada kelompok tani di seluruh Bali. Program bantuan bibit buah unggul ini telah bergulir sejak tahun 2021 lalu dan terus berkelanjutan hingga saat ini.

Baca Juga :
Sidang MK, Saksi 02 Ungkap Pelatihan Saksi TKN Ajarkan Kecurangan

Bahkan program ini akan dijalankan kembali dalam konteks juga mendukung agenda KTT G20 di Bali khususnya yang terkait penanganan perubahan iklim. “Kami akan kembali memfasilitasi bantuan bibit buah unggul. Direncanakan akan datang sekitar 10 ribuan bibit pohon buah. Ini juga untuk mendukung program KTT G20,” ungkap Winatha.

NasDem Bali juga gencar memberikan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) salah satunya seperti yang telah diserahkan berupa mesin tanam padi kepada Kelompok Subak Sembung Peguyangan, Kota Denpasar.

“Selain di Subak Sembung, beberapa kelompok tani sudah mengajukan bantuan. Sudah difasilitasi juga lewat Wakil Ketua Bidang Pertanian untuk menginvetarisasi kebutuhan para petani,” ungkap Winatha.

Di hilir NasDem Bali membantu membuka akses pemasaran produk pertanian lewat program yang digawangi Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan & Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Provinsi Bali. NasDem membantu menjembatani petani dengan buyer sehingga tercipta jaminan kepastian serapan dan harga produk pertanian serta tidak pula para petani dimainkan oleh para tengkulak.

“Kami ingin pertanian ini terbangun dan maju dari hulu ke hilir. Ini tugas kita bersama,” pungkas Winatha. (wid)