Buleleng (Metrobali.com)-

Kabar baik untuk para pelaku pariwisata di Kabupaten Buleleng, berdasarkan Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2022 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebagai Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sudah bisa berkunjung ke Bali tanpa perlu melakukan rapid test polymerase chain reaction di bandara entry point Bali yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Ketut Suwarmawan selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng menyebutkan peraturan tersebut berlaku bagi wisman yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap 1 dan 2.

“Wisman hanya cukup membawa bukti menjalani rapid test PCR dari negara asal dan membuktikan vaksinasi yang mereka jalani dengan kartu atau sertifikat bukti menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, baik yang telah dicetak maupun yang digital ditunjukkan dari smartphone mereka,” jelas kepala dinas yang akrab disapa Ketsu itu, Rabu, (6/4/2022)

Sementara bagi wisman yang belum menerima vaksin dosis II, Ketsu mengatakan sesuai dengan prosedur mereka akan divaksinasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai entry point. Tentunya dengan melalui rapid test PCR terlebih dahulu tidak lama setelah kedatangan wisman.

“Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Buleleng, Ketsu menyebutkan terdapat 4 angka konfirmasi baru di Kabupaten Buleleng, sedangkan pasien dalam perawatan terdapat 17 orang.” tutupnya.

Sumber : Gus Sadarsana

Baca Juga :
Patung Bali Sumbang 4,82 Juta Dolar AS