WiFi Anda Lambat? Ikuti Cara Ini untuk Mengatasinya!

Metro Bali
single-image

 

Kecepatan WiFi dapat dipengaruhi banyak hal, dari mulai kualitas ISP yang digunakan, jangkauan sinyal, hingga faktor teknis lainnya. Apabila terjadi masalah yang membuat WiFI Anda lambat, perlu dilakukan perbaikan agar produktivitas harian Anda terjaga. Saat hendak melakukan streaming film pun, tentu internet yang lambat dapat merusak suasana.

Apa yang Menyebabkan WiFi Anda Lambat?

Berbagai faktor dapat memungkinkan kecepatan koneksi internet yang lambat. Ketebalan dinding yang menjadi penghambat distribusi sinyal, hingga penghalang lain seperti lantai pada bangunan bertingkat, dapat memicu penurunan kecepatan internet.

Selain itu, jarak antara wifi router dan perangkat terkoneksi, termasuk banyaknya pengguna jaringan juga memengaruhi kecepatan koneksi. Anda sebaiknya bertanya kepada provider internet Anda untuk memastikan bahwa kecepatan akses yang Anda nikmati sesuai dengan paket yang Anda bayarkan.

Cara Mengatasi WiFi Lambat

Untuk meningkatkan kecepatan internet, Anda dapat melakukan sejumlah cara, di antaranya:

  1. Meletakkan Router di Ruangan Terbuka

Oleh karena bersifat nirkabel, kecepatan internet dari penggunaan WiFi dapat dipengaruhi oleh penghalang seperti lantai, dinding, dan langit-langit, jarak akses poin dan perangkat, jumlah pengguna, bahkan gangguan listrik. Agar memperoleh sinyal terbaik, Anda perlu menaruh wifi router di ruangan terbuka, misalnya di lantai utama yang jauh dari penghalang.

Jauhkan pula router dari perangkat elektronik yang memicu interferensi, semisal telepon nirkabel, microwave, dan baby monitor. Supaya lebih maksimal, Anda dapat pula memposisikan antena tegak lurus, satu antena horizontal dan satunya lagi vertikal. Terkait jarak, Anda perlu memastikan bahwa lokasi Anda mengakses internet bukan termasuk dead zone.

  1. Menggunakan Perangkat Keras Terbaru

Teknologi berkembang cepat, termasuk teknologi WiFi. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan router WiFi 6 (802.11ax) yang memungkinkan kecepatan lebih tinggi. Tak hanya itu, latensi dari router tersebut juga lebih rendah. Router Wi-Fi 6 terbaru memungkinkan kecepatan transfer data hampir 3x lebih cepat dibandingkan versi WiFi 5.

  1. Optimalkan Pengaturan Pemakaian Bandwith

Pada router modern umumnya dibekali pengaturan Quality of Service (QoS) di mana Anda dapat melakukan kontrol terhadap bandwith yang terpakai untuk sejumlah aplikasi. Dengan fitur ini, Anda bisa memprioritaskan aplikasi atau aktivitas apa saja yang memerlukan bandwith lebih besar.

  1. Gunakan WiFi Extender/Repeater

Jarak sinyal WiFi antarperangkat berbeda-beda. Pada area yang tidak tercakup sinyal namun masih dalam satu tempat tinggal Anda, area tersebut dinamakan dead zone. Solusi mengatasi masalah ini adalah membeli wifi extender atau repeater. Alat ini akan “memanjangkan” sinyal WiFi, sehingga tidak ada lagi dead zone.

Selain tips-tips di atas, Anda bisa juga melakukan beberapa langkah perbaikan lain, seperti menambah titik akses, meningkatkan lebar saluran/arus data, hingga memperbarui router, gateway, dan perangkat ke standar WiFi 6 terbaru.

Baca Juga :
OLIMPIADE 2016 - Fakta singkat Simone Biles

 

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.