Ket foto : Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal dan Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab di MPP Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Selasa (29/3).

 

Paparkan Berbagi Inovasi Pelayanan Publik Kota Denpasar di Masa Pandemi Covid-19

Denpasar, (Metrobali.com)

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menerima kunjungan spesifik Komisi II DPR RI di Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Selasa (29/3). Kedatangan rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal ini secara khusus memastikan optimaliasi pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar.

Tampak seluruh rombongan bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis DPMPTSP, IB Benny Pidada Rurus, Kadisdukcapil, Dewa Gde Juli Artabrata dan Kadis Kominfos, IB Alit Adhi Merta  meninjau operasional MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar. Satu persatu pelayanan turut mendapat peninjauan disertai interaksi terkait pelayanan publik.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa berbagi pengalaman dalam memimpin birokrasi mendampingi Walikota IGN Jaya Negara  serta inovasi dan strategi Pemkot Denpasar pada bidang Pelayanan Publik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tampak hadir Anggota DPR RI Dapil Bali, AA Adhi Mahendra Putra.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam paparanya memberikan apresiasi atas dipilihnya Kota Denpasar sebagai lokasi Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI tentang pelayanan publik. Karenanya, pelaksanaan kunjungan spesifik  ini menjadi kehormatan bagi Pemkot Denpasar sebagai ajang saling berbagi pengalaman dan informasi sehingga momentum ini bisa menjadi  embrio untuk mewujudkan optimaliasi pelayanan publik di Kota Denpasar.

“Kita tentu sangat sepakat bahwa terwujudnya good governance dan optimalisasi pelayanan publik menjadi harapan besar dalam mengelola birokrasi dengan berbagai dinamika tuntutan layanan masyarakat,” jelasnya

Lebih lanjut Arya Wibawa mengatakan, situasi saat ini membawa manajemen pemerintahan ke dalam situasi Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity (VUCA). Hal ini diakibatkan oleh tiga Disruption, mulai dari Digital Disruption, Millenial Disruption dan Covid-19 Disruption.

Baca Juga :
Dewa Gede Sugiharto Terpilih Aklamasi Ketua Pengkab FYI Buleleng Periode 2022-2027

“Kondisi yang serba tidak menentu, berubah dengan cepat memerlukan fleksibilitas serta pemahaman, sehingga mampu mendukung terciptanya pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” katanya

Ditambahkannya, peningkatan kualitas pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah merupakan tindaklanjut dari kebutuhan dan harapan masyarakat. Guna mewujudkan hal tersebut, Pemkot Denpasar menggalakkan beberapa area perubahan reformasi birokrasi. mulai dari manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan  dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penataan sistem manajemen SDM aparatur.

Arya Wibawa menjelaskan, MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar berdiri berdasarkan Perwali Nomor 5 Tahun 2018 tentang  Mal  Pelayanan  Publik Sewakadarma. Dimana, sejak diresmikan empat tahun lalu, MPP Kota Denpasar melayani 228 jenis layanan dengan melibatkan 8 Kementrian/Lembaga, sebanyak 8 Badan Layanan, BUMN, BUMD dan Swasta, serta sebanyak 8 OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Meski di masa pandemi saat ini, MPP Kota Denpasar terus berinovasi serta beradaptasi guna  mewujudkan pelayanan optimal bagi masyarakat. Mulai dari Si Taring Dukcapil, Anjungan Dukcapil Mandiri, OSS, Perijinan Online, Sirekom, Tandatangan Digital. Selanjutnya, transformasi digital pelayanan publik melalui Divos, Pelayanan Publik melalui aplikasi layanan, Absen Pegawai dan Kinerja dan inovasi lainya.

Pimpinan Rombongan yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal mengatakan, pelaksanaan kunjungan ini bertujuan guna memastikan optimalisasi pelayanan publik di Kota Denpasar. Hal ini bertujuan untuk memberikan dukungan kemudahan investasi. Sehingga upaya memulihkan perekonomian di masa pandemi ini dapat dimaksimalkan.

“Harapan kami, profesionalisme dan inovasi saat ini harus terus ditingkatkan, sehingga iklim investasi di Kota Denpasar dapat terus tumbuh, dan pelayanan publik terus ditingkatkan,” ujarnya

Di akhir sesi, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Pimpinan Rombongan yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal serta pimpinan OPD yang menjadi lokus, yakni Kadis DPMPTSP, IB Benny Pidada Rurus, Kadisdukcapil, Dewa Gde Juli Artabrata dan Kadis Kominfos, IB Alit Adhi Merta berkesempatan bertukar Cinderamata dan berfoto bersama. (RED-MB)

Baca Juga :
Pastika Apresiasi Dibukanya STAHN Mpu Kuturan di Singaraja