Denpasar (Metrobali.com)-

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Denpasar melepas Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke- 11 Tahun 2022 di Cibubur Jakarta. Pelepasan Kontingen dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Denpasar, Jumat (5/7). Sebanyak total 16 Peserta Jamnas dilepas secara langsung Wawali Arya Wibawa ditandai dengan simbolisasi pemakaian jaket.

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa membacakan sambutan Walikota Denpasar sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka Kota Denpasar mengatakan dalam membina kaum muda sangatlah besar tantangannya, maka Gerakan Pramuka memerlukan calon pemimpin yang berkomitmen tinggi, memiliki rasa patriotisme dan ikhlas mengabdikan diri demi kepentingan Bangsa dan Negara. Tidak heran, sekarang ini banyak pihak menyadari kembali betapa pentingnya Pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembinaan kaum muda.

Namun demikian tantangan dalam membina kaum muda kedepan masih besar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ini. Bukan hanya itu, kendala dan masalah yang di hadapi kaum muda sangatlah besar dengan masih ditemukannya berbagai masalah sosial dan mulai menurunnya semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa serta minimnya tekad bela negara dikalangan kaum muda.

“Untuk itulah melalui Jambore Nasional ini diharapkan mengembalikan jati diri kaum muda Indonesia . Adik-adik peserta Jambore yang sangat saya cintai, tidak sembarang orang dapat mengikuti kegiatan Nasional seperti yang akan adik-adik ikuti nanti di Cibubur Jakarta, adik-adik akan bertemu dengan saudara kita dari Sabang-Merauke, ini merupakan kesempatan baik untuk mempererat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa namun dengan tetap menjaga protokol Kesehatan,” kata Agus Arya Wibawa.

Baca Juga :
Melaut, Nelayan Pengambengan Tak Kunjung Pulang

Sudah saatnya bangkit kembali dengan semboyan “SATU PRAMUKA UNTUK SATU INDONESIA” pemerintah kota akan terus berupaya memberikan perhatian kepada pramuka, karena pendidikan kepramukaan sangat penting untuk membentuk karakter bangsa yang handal dimasa depan, sebab pemimpin tidak terbentuk dengan instan tapi melalui proses panjang, ingat pesan saya “TO DAY SCOUT TOMORROW LEADER” . Akhirnya saya mengucapkan selamat berjambore semoga adik-adik dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan nantinya dapat membagi pengalamannya kepada teman-teman di sekolah serta menjaga nama baik Kwarcab Pramuka Denpasar di tingkat Nasional. Dan kepada seluruh tim Pembina saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian kepada Gerakan Pramuka.

Sementara Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik menjelaskan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke- 11 Tahun 2022 akan dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. “Peserta Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar total berjumlah 16 orang terdiri dari 8 peserta putra dan 8 peserta putri dengan didampingi masing- masing 1 orang Pembina Pendamping ditambah 2 orang dari unsur Jambore Service Team (JST) dan PP. Dari 16 orang peserta ini, 3 orang adalah pramuka penggalang  garuda dan 13 orang pramuka penggalang terap. Peserta ini merupakan hasil seleksi peserta Jambore Daerah Bali 2021 lalu di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Tabanan. Sementara pembinaan kontingen Jamnas Denpasar telah dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2022  lalu dan diakhiri dengan pemusatan latihan di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Serangan.

 

Sumber : Humas Pemkot Denpasar