Penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis yang digelar Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat, dalam rangka Hari Pers Nasional 9 Februari 2015

Labuan Bajo (Metrobali.com) –

Memperingati Hari Pers Nasional 9 Februari 2015, Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) menggelar Bakti Sosial dan Diskusi Publik. Khusus untuk kegiatan bakti sosial, dipusatkan di SDI Nggorang, Desa Nggorang, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Senin (9/2).

Bakti sosial ini digelar PWMB, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat. Bakti sosial diisi dengan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis serta penyuluhan tentang demam berdarah, HIV/ AIDS dan BPJS.

Untuk bakti sosial ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat mengerahkan 12 tenaga medis dari Puskesmas Labuan Bajo. Tiga orang dokter umum juga dihadirkan langsung ke lokasi, masing-masing dr. Suryani (Puskesmas Terang), dr. Lelly (Puskesmas Orong) dan dr. Herlina (Puskesmas Nangalili).

“Selain tenaga kesehatan dan dokter, kami juga menyiapkan obat untuk pengobatan gratis kali ini,” kata Yovita Nasvia, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dinas Kesehatan Manggarai Barat, usai kegiatan ini.

“Untuk bakti sosial yang digelar PWMB pada Hari Pers Nasional 2015 ini, jumlah masyarakat yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis sebanyak 274 orang,” papar Yovita Nasvia.

Sementara itu, terkait penyakit yang dikeluhkan masyarakat selama pemeriksaan dan pengobatan gratis ini, mayoritas adalah hipertensi, ISPA dan sakit pinggang. “Sebagian besar tiga hal itu yang dikeluhkan masyarakat saat pemeriksaan,” jelas dr. Herlina, dari Puskesmas Nangalili.

Sebelum pemeriksaan dan pengobatan gratis, dilakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang demam berdarah dan BPJS. “Penyuluhan dan sosialisasi kesehatan ini lebih penting, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata Ketua PWMB Sirilus Ladur. MSE-MB

Baca Juga :
Ini Rekomendasi Kongres IV PAN