Denpasar (Metrobali.com)-

Pemerintah kota Denpasar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) bagi Para Sekretaris Satuan Kerja Perangkat Daerah. Acara dibuka Asisten Administrasi Keuangan Setda Kota Denpasar Dewa Nyoman Semadi mewakili Walikota didampingi Kepala Bappeda Gst. Pt. Anindya P dan undangan lainnya seperti para ahli dan para narasumber. Senin (5/9) di Hotel Nikki Denpasar.

Walikota IB Rai D. Mantra dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Keuangan Dewa Nyoman Semadi mengakatan, sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan pembangunan di Kota Denpasar telah berhasil merealisasikan berbagai program pembangunan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Namun demikian upaya untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan harus terus dilakukan yang dimulai dari proses penyusunan, penetapan, pelaksanaan hingga evaluasi. Tujuannya adalah untuk memperoleh perencanan yang baik dan terarah sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Dipilihnya para skretaris dari masing-masing satuan kerja sebagai peserta dalam bintek ini menurut Rai Mantra adalah langkah tepat karena peranan sekretaris di masing-masing SKPD adalah sebagai aparatur dan administrator pemerintahan. Yang bertugas mengkoordinir penyelenggaraan pemerintahan yang ada pada unit kerjanya sesuai Tupoksi. Dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam penyusunan dokumen akan menentukan kelancaran penyelenggaraan pemerintahan khususnya yang berkenaan dengan perencanaan pembangunan daerah baik dalam bentuk program maupun kegiatan. Walikota juga beharap melalui Bintek ini para peserta akan mendapat tambahan wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan yang nantinya bisa dimanfaatkan dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing. Dan pada akhirnya perencanaan yang disusun akan mencerminkan adanya keterkaitan antara Rencana Pembangunan Jangka Panjang, Menengah, Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rencana Strategis masing-masing satuan kerja.

Sementara Kabid Pemerintahan Dan Aparatur Bappeda Denpasar A.A. Pt. Ratnadi dalam laporannya mengatakan, Bintek yang menyasar para sekretaris di masing-masing satuan kerja Pemkot Denpasar berjumlah 35 orang berlangsung selama tiga hari. Dengan maksud untuk mensosialisasikan serta mengimplementasikan peraturan perundang-undangan berkenaan dengan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Baca Juga :
Diterima Wabup. Suiasa,  Empat Kepala Daerah Belajar ke Badung

Adapun metode yang diberikan berupa pemaparan oleh Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Badan Perencanaan Nasional dan Lembaga Adiministrasi Negara. Dengan materi meliputi; PP 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, Penyusunan Dan Hubungan Keterkaitan oleh Direktorat Keuangan Negara Bappenas, Indikator Kinerja Dan Pelaporan, Penyusunan RKA oleh BPK dan pada hari terakhir dilaksanakan kegiatan merumuskan beberapa kesepakatan yang dihasilkan. (Sdn.Hms.Dps.).