Denpasar (Metrobali.com)-

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara melaksanakan panen sayuran bersama Kelompok Tani Empelan Terbin di Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Jumat (24/6).

Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Kadis Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, IB Mayun Suryawangsa, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai, Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, Perbekel Desa Sumerta Klod, I Gusti Ketut Anom Suardana, serta anggota Kelompok Tani Empelan Terbin.

“Panen sayuran ini dilaksanakan setelah beberapa minggu yang lalu dilakukan penanaman bibit sayuran di Empelan Terbin,” ujar Ketua Kelompok Tani Empelan Terbin, I Wayan Wijaya.

Lebih lanjut  dikatakannya, dengan memanfaatkan bantaran sungai serta  pekarangan warga  beberapa jenis  tanaman sayuran yang ditanam di Empelan Terbin ini seperti Kangkung, Terong, Cabai, serta sayuran dan buah-buahan lainnya. “Namun yang telah siap panen saat ini hanya sayur Kangkung dan Terong, dan hasil dari panen saat ini akan kami berikan ke masyarakat sekitar dan disumbangkan ke Panti Asuhan Tatwan Asi dan Panti Asuhan Dharma Jati,” ujarnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemkot Denpasar serta instansi terkait lainnya yang telah membantu. Dan kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menekan pengeluaran masyarakat dan dapat memanfaatkan lahan kosong sehingga menjadi lebih bermanfaat,” kata Wayan Wijaya.

Sementara Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara disela-sela panen sayuran mengatakan  dengan adanya Kelompok Tani Empelan Terbin ini dapat memanfaatkan lahan kosong yang tidak terpakai menjadi lahan yang menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut dikatakannya hasil panen dari lahan Kelompok Tai Empelan Terbin ini juga akan dibagikan ke masyarakat sekitar dan beberapa panti asuhan yang ada di Kota Denpasar, seperti Panti Asuhan Dharma Jati dan Panti Asuhan Tatwan Asi.

Baca Juga :
Peluang Kemitraan ASEAN-ROK di bidang Ekonomi Hijau dan Digital

“Kami berharap dengan adanya kelompok tani ini dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya khususnya di Kota Denpasar, agar dapat memanfaatkan lahan yang tidak produktif atau terbengkalai sehingga dapat menjadi suatu tempat yang indah, bersih, serta bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Jaya Negara.

 

Sumber : Humas Pemkot Denpasar