Denpasar, (Metrobali.com)

 

Sehubungan dengan rampungnya pelaksanaan renovasi Kori Agung Ratu Ngurah Agung serta Kori Ratu Ayu Kahyangan Pura Dalem Bungkeneng Lan Kahyangan, Desa Adat Tonja. Kali ini dilaksanakan upacara pemelaspasan, pada Senin (30/5).

Upacara yang bertujuan untuk penyucian kawasan suci ini dihadiri langsung Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Camat Denpasar Utara Wayan Yuswara, Kadis Kebudaayan Kota Denpasar Raka Purwantara Kabag Kesra Kota Denpasar IB Alit Antara, Lurah Tonja Made Sunantara, serta Bendesa Adat Tonja, Jro Mangku Made Budiasa. Hadir pula tokoh masyarakat dan pengempon lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bendesa Adat Tonja, Jro Mangku Made Budiasa saat diwawancara mengatakan pelaksanaan upacara pemelaspasan dalam masa pandemi covid-19 ini tentu kami laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta mewajibkan para pemedek untuk menggunakan masker.

Lebih lanjut dikatakannya upacara kali dilaksanakan upacara Pemelaspasan Kori Agung Pura Dalem serta Kori Agung Kahyangan Pura Dalem Bungkeneng. Upacara ini  dipuput oleh Ida Sulinggih Sire Mpu Dharma Sunu, Griya Pande Tega.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar khususnya kepada Bapak Walikota IGN. Jaya Negara, telah menghadiri pelaksanaan upacara pemelaspasan ini serta ikut serta dalam prosesi Mendem Dasar,” kata Jro Mangku Made Budiasa.

Sementara Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara berharap dengan rampungnya renovasi dan telah dilaksanakannya upacara melaspas ini agar kedepannya dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar umat serta  Sradha Bhakti  kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa semakin meningkat sehingga dapat menimbulkan dampak yang postif terhadap kita semua. Dan dalam situasi pandemi ini agar kita semua tetap waspada dan tetap wajib untuk mengikuti anjuran prokes sehingga kita semua terhindar dari penyebaran virus covid 19,” kata Jaya Negara. (Sut)

Baca Juga :
Massa Bakar Koran ‘’Bali Post’’ di Depan Kantor Bali Post