Nusa Dua (Metrobali.com)-

 

Sejumlah pertemuan tingkat menteri negara-negara anggota APEC sudah mulai digelar. Selasa (1/10), Gubernur yang diwakili Wagub Ketut Sudikerta menyampaikan sambutan selamat datang kepada peserta Forum Tingkat Tinggi APEC High Level Policy Dialogue on Travel Facilitation (HLPD) yang dilaksanakan di Sheraton Kuta Hotel.

Gubernur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia karena  telah memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan Forum Tingkat Tinggi Ini. Dia berharap, atmosfer Bali memberikan semangat dan inspirasi dalam pembahasan berbagai program di bidang perjalanan dan kepariwisataan. “Saya berharap dalam pertemuan ini muncul ide-ide dan rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi negara anggota APEC dalam rangka memberikan arahan dan kontrol bagi pengembangan pariwisata,” ujarnya. Forum ini hendaknya mampu mendorong terwujudnya pariwisata yang mudah, nyaman, dengan pelayanan yang cepat khususnya di wialayah Asia-Pasific. Dia percaya, forum ini  memberikan efek yang cukup signifikan dalam pengembangan pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam sambutannya menguraikan, forum ini dilaksanakan untuk mengarusutamakan sektor pariwisata sebagai faktor pendukung integrasi wilayah APEC dan mendorong pertumbuhan ekonomi. HLPD membahas empat topik utama yakni Visa Facilitation, Passenger Information, Trusted Traveler Program, dan Tourist Friendly Ariport Program. Forum ini diharapkan menghasilkan keputusan yang mampu mendorong peningkatan kualitas fasilitas perjalanan dan kepariwisataan di kawasan Asia Pasific.

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari itu dihadiri oleh menteri pariwisata dan sejumlah menteri yang menangani sektor imigrasi, kepabeanan dan perhubungan yang berasal negara anggota APEC. Selain itu, forum juga melibatkan APEC Related Sub-Fora yaitu TFI (Travel Facilitation Initiative) Steering Counsil, Tranportation Working Group (TPTWG), Sub Committee on Customs Procedures (SCCP), Business Mobility Group (BMG), Countered Tourism Working Group (CTWG), Tourism Working Group (TWG) sertaAPEC partner/guest yakni World Tourism Organization (UNWTO), World Travel and Tourism Council (WTTC), Pasific Asia Travel Association (PATA), International Air Transport Association (IATA). DA-MB

Baca Juga :
Gubernur Bali Pertimbangkan Perpanjang Pensiun 23 Pejabat