Buleleng, (Metrobali.com)

Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG sangat mengapresiasi aksi penanaman pohon yang dilakukan Kodim 1609/Buleleng. Hal tersebut diungkapkan saat membuka acara penanaman pohon yang dilakasanakan di Kawasan Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Sabtu (11/12). Dalam kegiatan tersebut, Kodim 1609/Buleleng menyiapakan 3000 bibit pohon jenis tanaman keras dan tanaman produktif.

Gerakan penanaman pohon tersebut, dipimpin langsung Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG dan serentak diikuti oleh para undangan. Dalam kesempatan itu, hadir pula Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto,SE., M.IK, Kapolres Buleleng FKPD Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.I.K., SH.,M.Si , FKPD Buleleng, Camat Sukasada dan Pimpinan SKPD terkait lingkup Pemkab Buleleng.

Ditemui usai kegiatan, Wabup Sutjidra menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepedulian Kodim 1609/Buleleng terhadap lingkungan. Menurutnya, ini merupakan langkah penting untuk menjaga lingkungan tetap lestari. Menurutnya, saat ini isu terkait lingkungan sudah melanda dunia. Sehingga diperlukan kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk peduli akan lingkungan.

“Tanaman ini khusus ditanam di daerah penangkap air untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus menjaga ketersediaan air di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim Buleleng Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto,SE., M.IK, menjelaskan, penanaman hari ini merupakan kegiatan yang kesepuluh kalinya. Sebelumnya, Kodim 1609/Buleleng juga melakukan penanaman pohon serentak di daerah lain. Letkol Windra mengungkapkan, bibit pohon ini merupakan hasil dari pembibitan dari Kodim 1609/Buleleng yang dilakukan di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan.

“Kurang lebih kita sudah menanam 4000 lebih bibit pohon di berbagai daerah di Buleleng,” jelasnya.

Letkol Windra menambahkan, pohon yang ditanam saat ini sebanyak 3000 pohon diantara lain, 1000 pohon beringin, dan 2000 pohon flamboyan.

Baca Juga :
Tampak Gugup Saat Konpers, Ini Kata Pakar Soal Ekspresi Sandiaga Uno

“Pembibitan pohon ini sudah kita lakukan pada bulan juni 2021, ada sebanyak 29.750 bibit pohon baik itu pohon keras dan pohon produktif,” ungkapnya.

Masih kata Letkol Windra, penanaman dan pembibitan pohon ini merupakan perintah langsung dari Panglima Kodam agar menanam bibit dan memberikan secara gratis kepada masyarakat agar bisa bermanfaat.

“Panglima Kodam memberikan instruksi untuk menanam bibit dan memberikan gratis kepada masyarakat yang memerlukan, selain itu beliau juga meminta untuk melakukan penanaman pada musim hujan agar persentasi hidupnya tanaman lebih besar,” pungkasnya. (JOZ)